Libur Panjang di Jepang, Nah Ini Tanggal-Tanggal Nya
June 15, 2019
Perayaan Shichi-Go-San, di Bulan November
June 15, 2019
Show all

Periode Musim Panas di Jepang Melalui Festival Tanabata

Pada postingan kali ini sekilas kita bahas soal Festival Tanabata yang didasarkan pada datangnya Tanabata yang berasal dari Cina di masa Nara. Dalam perkembangannya tradisi ini disatukan dengan festival yang sudah lebih dulu ada di Jepang kemudian menjadi Tanabata ala Jepang sebagaimana kita saksikan hari ini.

Orang Jepang percaya bahwa sepasang kekasih di langit malam, Putri Rajut (Putri Orihime) dan Hikoboshi, hanya diperkenankan untuk saling bertemu satu kali dalam setahun yaitu di bulan ke tujuh dan pada hari ketujuh, yang mana pemisahan ini dilakukan oleh dewa. Mereka diperkenankan untuk bertemu untuk kemudian menyeberangi sungai yang panjang dan sangat luas yang dinamai Ama no Gawa, atau yang kita kenal dengan galaksi bimasakti.

Karena sudah menjadi tradisi, pada Festival Tanabata ini orang-orang menulis permohonan di secarik kertas untuk kemudian digantung di batang pohon bambu yang dinamai Sasa. Ngomong-ngomong ada kepercayaan bahwa Putri Orihime pekerjaannya adalah menjahit dan untuk memuliakan putri tersebut, muncullah tradisi untuk mendoakan sang putri, supaya pemohon mempunyai kemampuan merajut dan menjahut baju.

Di zaman Edo, mulai berkembang keinginan untuk terampil di bidang kesenian dan berkaligrafi. Namun di masa ini permohonan atau doa tidak hanya sebatas pada dua bidang tadi itu saja, semua harapan bisa dituliskan di secari kertas itu untuk kemudian digantungkan di batang pohon bambu saat perayaan Festival Tanabata.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi
Lt.2, DKI Jakarta, 10330
Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat