Tips Jaga Kesehatan Saat Travelling
November 22, 2018
Akses Menuju Kota Jakarta, Via Jalur Udara
November 26, 2018
Show all

Soal Pariwisata Jakarta, Ini Sejarahnya

Sejarah Kota Jakarta

Jika bicara soal Pariwisata Jakarta, kita akan harus menengok masa lalu Jakarta adalah sebuah Kota Pelabuhan yang dinamakan Sunda Kelapa, tetapi segalanya berubah ketika Pangeran Fatahillah pada tanggal 22 Juni 1527 menghancurkan pelabuhan ini dan mengganti area ini dengan nama baru yaitu Kota Jayakarta. Berdasarkan peristiwa tersebut akhirnya tanggal 22 Juni 1527 diperingati sebagai hari didirikannya Kota Jakarta.

Kota Jayakarta termasuk kota yang lumayan sibuk dengan dijejali banyak pedagang dari berbagai belahan dunia seperti Eropa, Arab, India, dan Cina, yang banyak dari mereka bertukar komoditi satu-sama lainnya.

Tapi pada perkembangannya Kota Jayakarta kembali diluluhlantakkan oleh Jan PieterszoonCoen yang merupakan pimpinan VOC, tepatnya pada tahun 1619. Coen pun kemudian memndirikan kota baru di sebelah barat dari Sungai Ciliwung, kemudian menamakan kota itu Batavia yang merupakan nama nenek moyang orang Belanda, bangsa Batavieren.

Tata ruang Pariwisata Jakarta dibangun hingga hampir mirip dengan kota-kota di Belanda dengan kontur Blok yang masing-masing dipisahkan dengan kanal dan dilengkapi dinding-dinding sebagai benteng, juga parit. Pembangunan Batavia selesai di tahun 1650. Orang-orang Eropa tinggal di Batavia tua sedangkan orang Jawa, Cina, dan penduduk aslinya dipindahkan ke tempat lain.

Di masa-masa Jayanya Batavia dikenal juga sebagai “permata dari timur”, diduduki oleh VOC, untuk selanjutnya diduduki oleh pemerintah Belanda dengan luas membentang di kepulauan hindia timur.

Baru pada tahun 1942 ketika Jepang menduduki Indonesia, nama Jakarta dipilih untuk mengganti nama Batavia. Kini Pariwisata Jakarta sangat terkenal di seluruh dunia, dan ribuan wisatawan berkunjung setiap bulannya ke Kota Jakarta.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi
Lt.2, DKI Jakarta, 10330
Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat