Yuk Jalan-Jalan di Putung, Karang Asem di Bali
November 12, 2018
Shoulder Seaseon, Musim Liburan Yang Nyaman dan Hemat
November 16, 2018
Show all

Tips Wisata Sejarah di Banten, Anda Harus Tahu Ini !!

Banten adalah sebuah Kota Pelabuhan dan merupakan salah satu yang paling ramai. Tidak mengherankan jika Wisata Sejarah di Banten begitu terbuka pada perkembangan yang berasal dari luar.

Berdasarkan Prasasti Lebak dan Prasasti Cidanghiyang yang ada di Kampung Lebak dikatakan bahwa Banten adalah bagian dari Kerajaan Tarumanegara.

Terlepas dari hal-hal yang terjadi pada masa lalu di Banten, tempat ini memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, termasuk beberapa pantainya yang berpemandangan indah mulai dari Bagedur, Sarwana, Karang Bolong, Tanjung Lesung, dan Pantai Anyer.

Lebih dari itu, ada lagi destinasi non pantai yang juga menarik untuk dikunjungi misalnya Masjid Agung Banten hingga Vihara Avalokitsevara.

Masjid Agung Banten

Wisata Sejarah di Banten di Lokasinya yang terdapat di Banten Lama yang jaraknya dari utara Kota Serang sekitar 10 KM. Masjid Agung Banten menurut cerita didirikan oleh Putra Pertama Sunan Gunung Jati, Sultan Hasanuddin.

Di sisi bagian utara dan selatan dari atap bangunan ini bisa dilihat lima tumpukan dengan dua serambi sementara di sisi sebelah timur ada sebuah menara berketinggian 14 mater berbahan batu bata.

Benteng Spellwijk

Benteng ini letaknya tak begitu jauh dari Masjid Agung Banren. Memiliki dinding dengan ketinggian 5 meter. Menggunakan nama Spellwijk untuk menghormati Cornelis Janzoon Spellwijk seebagai gubernul jenderal VOC.

Benteng Spellwijk dibuat dengan bentuk segi empat dan masing-masing sosonya diberi menara pengintai atau ruangan inti. Lebih dari itu, di sekeliling benteng ini terdapat parit dengan luas sebesar 10 meter.

Keraton Surosowan

Di masa lalu kejayaan Kerajaan Banten disaksikan oleh Keraton Surawosan dan Masjid Agung Banten yang merupakan saksi bisu. Sultan Maulana Hasanuddin membuat bangunan ini di masa pemerintahannya.

Di masa lalu tempat ini merupakan sentral di mana kepemimpinan raja dijalankan. Ini mengindikasikan bahwa pola pemerintahan di sini disesuaikan dengan pola pemerintahan kerajaan islam lainnya. Sebagai contoh di sebelah utara terdapat alun-alun, pasar di sebelah barat, di utara ada keraton sementara di bagian timur ada pelabuhan.

Vihara Avalokitsevara

Terletak di bagian utara kota Serang di Banten, dengan jarak sejauh 15 km. Lokasi tepatnya ada di Kawasan Banten Lama, di Kecamatan Kasemen dan sangat bagus untuk Wisata Sejarah di Banten.

Dibangun di abad ke 16 dengan luas mencapai 10 hektar. Versi berbeda menceritakan bahwa vihara ini dibangun di tahun 1652 di masa ketika Sultan Ageng Tirtayasa berkuasa.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi
Lt.2, DKI Jakarta, 10330
Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat