Ingin Naik Gunung Saat Musim Hujan?? Baca Dulu Tips Nya Berikut Ini
November 11, 2018
Liburan Hemat di Dubai
November 11, 2018
Show all

Waspada Tsunami Saat Liburan di Pantai demi Keselamatan Anda

Banyak dari kita begitu suka bermain di pantai. Banyak sekali keasyikan yang ditawarkan mulai dari pasir putih yang menghampar luas serta terpaan angin sepoi-sepoi di pantai yang eksotis. Keadaan ini begitu menyenangkan hingga tanpa kita sadari bencana alam terjadi tanpa sepengetahuan kita nun jauh di sana sementara potensi tsunami mengancam nyawa. Waspada Tsunami itu harus apalagi ketika kita asyik Liburan di Pantai. Berikut adalah apa yang harus diwaspadai untuk menghindari bahaya tsunami di pantai :

1. Berwaspadalah Kendati Sedang Bergembira

Kita berlibur untuk mengusir stress dan liburan di pantai adalah yang paling dinantikan. Kita bisa puas bermain air, berjemur, minum air kelapa muda serta mencoba berbagai wahana air di sana. Namun sekali lagi waspadalah karena sebagian besar kepulauan di Indonesia terletak di jalur vulkanik yang menyebabkan potensi gempa dan tsunami. Anda harus waspada dan silakan lanjutkan membaca tips ini ke poin kedua.

2. Mencari Lokasi Jalur Evakuasi Tsunami

Karena memahami potensi timbulnya jumlah korban yang massif akibat bencana tsunami, sudah sejak lama pemerintah menetapkan jalur-jalur evakuasi di tempat wisata khususnya daerah pantai. Umumnya jalur evakuasi tsunami ditandai dengan plang berwarna oranye dengan bentuk panah. Pastikan anda mendekati plang ini dan ikuti jalur tanda panah di sana.

 

3. Cari Areal Berbukit di Sekitar Pantai

Ketika tsunami menerjang sebuah tempat berbukit bisa jadi penyelamat jiwa anda. So ketika pertama kali tiba di pantai cobalah mencari areal berbukit sebagai tujuan menyelamatkan diri jika sesuatu terjadi di pantai tempat anda liburan.

 

4. Berhenti Beraktivitas Jika Terjadi Gempa

Saat sedang Liburan di Pantai dan terjadi gempa hendaknya semua aktivitas dihentikan. Carilah tempat yang tinggi di daerah berbukit dan hindari bangunan-bangunan tinggi yang bisa rubuh dan menimpa tubuh anda. Dan ingat selalu, tsunami bisa datang tanpa peringatan dini.

5. Mengecek twitter BMKG dan berita online

Pantau selalu perkembangan berita di media online dan televisi seandainya gempa besar terjadi. Cari tahu di mana episentrum gempa itu terjadi dan apakah gempa itu berpotensi menghasilkan tsunami atau tidak sehingga anda bisa bersiap untuk mengevakuasi diri.

6. Pergi Ke Jalur Evakuasi, Hindari Pantai

Jangan ambil resiko, begitu melihat gulungan ombak menghilang dan surut, itu adalah pertanda tsunami akan datang. Cepatlah menuju jalur evakuasi, pergilah ke sana secepatnya dengan memakai apapun yang memungkinkan. Ingat nyawa lebih berharga dari apapun yang anda bawa.

 

7. Tetaplah Fokus dan Jangan Panik

Keadaan di pantai mungkin menjadi kacau saat semua orang tahu tsunami akan datang. Daripada itu tetaplah fokus, perhatikan seluruh anggota keluarga, lalu secepat mungkin menuju ke jalur evakuasi.

 

 

9. Mengabari Keluarga bahwa Anda Selamat

Bukan kabar baru bahwa saat gempa dan tsunami datang terkadang semua alat komunikasi tidak berfungsi karena BTS rusak. Ini membuat sinyal komunikasi terganggu bahkan hilang. So sedapat mungkin jaga agar alat komunikasi anda tetap menyala dan saat ditemukan sinyal segeralah kabari keluarga di rumah bahwa saat ini kondisi anda aman dan dalam keadaan selamat setelah Liburan di Pantai.

 

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi
Lt.2, DKI Jakarta, 10330
Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat