Hal Untuk Diperhatikan Saat Berwisata ke Alam Liar
November 9, 2018
Ingin Naik Gunung Saat Musim Hujan?? Baca Dulu Tips Nya Berikut Ini
November 11, 2018
Show all

Tips Wisata Gua Agar Aman dan Lancar

Caving atau Wisata Gua adalah aktivitas wisata di gua-gua dan sangatlah mengasyikkan. Gua yang didominasi oleh medan bebatuan tanpa pencahayaan sangatlah menantang adrenalin untuk dieksplorasi. Seorang pecinta adrenalin akan sangat menyukai aktivitas ini dan mungkin kegiatan ini cocok untuk anda.

Oke, sebelum pergi caving ada baiknya anda mengikuti beberapa tips berikut ini agar kegiatan anda berlangsung dengan aman dan lancar, yaitu :

1. Pergi Dalam Kelompok 

Menikmati medan gua yang terjal dan dipenuhi bebatuan sangat berbahaya, terlebih lagi keadaan di dalam gua sangat gelap. Jika sesuatu terjadi tak ada yang bisa membantu menyelamatkan anda apabila pergi sendirian. Dengan demikian disarankan untuk pergi caving dalam satu kelompok beranggotakan 4 sampai 5 orang yang dipimpin orang yang sudah berpengalaman.

 

2. Bawa Serta Perlengkapan Anda

Alam liar memang indah namun segalanya tak bisa diprediksi, ada kalanya hal tak diinginkan terjadi. Untuk menghindari semua hal itu bawalah persediaan mulai dari minuman, makanan, dan terutama sekali obat-obatan di dalam kotak P3K.

 

3. Menggunakan Peralatan Memadai

Hendaknya medan dalam Wisata Gua yang akan dimasuki anda pelajari dulu rute nya. Setiap gua memiliki karakter dan bentuk tersendiri. Daripada itu alat-alat yang spesifik harus dibawa serta. Secara umum, beberapa peralatan yang wajib dibawa adalah helm speleo yang merupakan helm khusus penelusuran gua, dan headlamp beserta baterai cadangan.

4. Pakai Kostum Yang Tepat

Agar keadaan selalu terjamin baik keamanannya maupun hal lainnya, pakailah sepatu boot, dan baju coverall (baju untuk caving). Ingat juga untuk memakai bantalan siku dan lutut, serta sarung tangan anti slip agar batuan tajam di dalam gua tidak melukai tubuh anda.

 

5. Atur kepala tetap di atas air

Jika ternyata gua yang akan anda masuki berjenis gua basah di mana beberapa bagian dari interior gua itu terendam air, maka kepala dan hidung harus diposisikan agar tidak terendam. Jika Wisata Gua itu memiliki lorong yang rendah, kepala diposisikan ke atas sehingga anda bisa melihat dengan jelas dan bernafas dengan baik.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi
Lt.2, DKI Jakarta, 10330
Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat