Tips Agar Bisa Shalat Tepat Waktu
October 24, 2018
Tips Bangun Lebih Pagi dan Tetap Sehat
October 24, 2018
Show all

Tips Mengendalikan Emosi dengan Cara Ini

Mengendalikan Emosi itu penting. Segala sesuatu yang kita temui dalam aktivitas sehari-hari terkadang menuntut kita untuk lebih mengontrol emosi. Namun apa jadinya jika kita bukan termasuk orang yang pandai mengontrol emosi, sepertinya anda harus belajar mengontrol emosi dengan tips berikut ini :

1. Cobalah Menenangkan Diri

Menilik memuncaknya emosi, kita bisa melihatnya dari perspektif manajemen marah di mana hal itu terdiri dari eskalasi, eksplosi, dan pasca eksplosi. Maka dari itu ketika anda marah cobalah menenangkan diri hingga siklus agresi yang dialami hancur. Gunakan pikiran logis anda dan berusahalah mencari solusi permasalahan.

2. Cobalah Berempati

Terkadang marah bisa dipicu oleh hal sepele. Hindari bereskalasinya masalah kecil dengan berempati. Empati adalah cara di mana kita belajar merasakan apa yang orang lain pikirkan atau rasakan. Dengan cara ini anda akan lebih superior. Berusahalah sekuat mungkin melakukannya untuk meredam amarah.

3. Cobalah Ingat Dampak Yang Bisa Terjadi

Emosi yang meledak bisa membuat anda lepas kendali dan melakukan hal-hal diluar kendali pikiran. Kalau sudah begini anda bisa merusak barang, memaki, berteriak, memukul dan sebagainya. Hindari keadaan ini dengan mencoba mengingat akibat yang bisa terjadi jika anda tidak Mengendalikan emosi.

4. Anggaplah Hari Ini Anda Akan Mati

Jika masih terasa sulit untuk mengontrol emosi diri, cobalah bayangkan bahwa hari ini adalah hari di mana anda ditakdirkan akan mati. Dengan berpikir seperti itu dengan sendirinya emosi anda akan mereda karena semua ingin mati dalam keadaan damai dan membawa kebaikan.

5. Cobalah Memaafkan dan melupakan

Sering teringat pada masalah lama yang membuat memori anda tersentak dan merasa marah pada seseorang ? Sejak hari ini cobalah untuk memaafkan orang itu dan jangan ingat lapi kerugian yang telah ia timpakan pada diri anda.

6. Cobalah Membaca ta’awudz

Untuk anda yang bergama islam cobalah baca ta’awudz agar anda bisa Mengendalikan Emosi ketika sedang marah. Ini adalah bentuk permohonan agar anda dilindungi oleh Allah SWT dari setan dan gangguan-gangguannya.

7. Cobalah Berolahraga

Kendalikan emosi diri dengan memperbanyak olahraga dengan jalan kaki, main sepakbola, berenang, lari, dan lain-lain. Yang penting anda beraktivitas dan semua zat kimia dalam otak bisa lebih rileks (tidak tegang).

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi
Lt.2, DKI Jakarta, 10330
Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat