Kenapa Harus Ke Osaka? Ada Apa Disana?
June 20, 2018
Mau Kuliah di Jepang ? Yuk Perbaiki Bahasa Jepangmu
June 22, 2018
Show all

Mau Kuliah di Jepang ? Yuk Perbaiki Bahasa Jepangmu

Perbedaan bahasa dan tingkat penguasaan yang rendah terhadap bahasa lain, seringkali menjadi kendala bagi mahasiswa-mahasiswa di Indonesia untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke luar negeri. Tidak terkecuali ketika ingin melanjutkan studinya ke Jepang. Mereka urung karena alasan yang sebenarnya saat ini tidak lagi relevan, yaitu bahasa. Sebabnya, Mina-san, saat ini, sudah mulai banyak universitas di Jepang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan. Jadi, tidak perlu khawatir tidak bisa kuliah di Jepang karena kendala bahasa, ya.

Jepang sepertinya mulai menyadari kebutuhan global. Negara ini membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapa saja yang hendak dan ingin melanjutkan pendidikannya. Fasilitas, sarana dan kebutuhan yang lain sudah mulai disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dari banyak negara. Termasuk dari segi bahasa. Jepang yang terkenal sangat mementingkan budaya, dalam hal ini juga masuk di dalamnya penggunaan bahasa, sudah mulai terbuka dengan diadakannya beberapa program kuliah berbahasa Inggris. Sehingga, Mina-san yang belum atau tidak begitu fasih berbahasa Jepang, tidak usah khawatir.

Kuliah di Jepang

Di antara sekian banyak universitas di Jepang, Mina-san yang belum mahir berbahasa Jepang bisa memilih Ritsumeikan University. Di universitas swasta yang diresmikan pada 1913 ini terpilih masuk dalam kelompok Global 30 oleh pihak pemerintah Jepang. Artinya, Ritsumeikan University adalah salah satu kampus di Jepang memiliki sistem perkuliahan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, terutama untuk perkuliahan program S1. Nah, minna-san bisa memilih kampus ini untuk melanjutkan kuliah di Jepang.

Kampus swasta berumur tua dan bergengsi ini, memiliki banyak kampus yang tersebar di kawasan Kyoto juga sebagian Osaka. Sementara, untuk program perkuliahan bagi mahasiswa luar negeri, Ritsumeikan menyediakan 2 fakultas utama yang tentu saja menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Yaitu, Faculty of Global Studies Major in the Collage of International Relations dan Faculty of Community and Regional Policy Studies Major in the Collage of Policy Science.

Bukan hanya membuka fakultas dengan bahasa Inggris sebagai pengantarnya, Ritsumeikan University juga menyediakan program beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswa asing. Setiap mahasiswa yang menerima beasiswa melalui jalur penyeleksian akan menerima keringanan untuk biaya kuliah dari mulai 20 % dari keseluruhan uang kuliah di tahun pertama, hingga benar-benar bebas biaya. Untuk mendapatkan beasiswa ini, Mina-san tentu harus memenuhi syarat-syarat adminitrasi yang dibutuhkan. Salah satunya adalah menyerahkan berkas berisi formulir pendaftaran, essai berbahasa Inggris, transkrip nilai SMA terakhir, sertifikat lulus TOEFL IBT, TOEIC, IELTS dan beberapa syarat adminstrasi lainnya.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi
Lt.2, DKI Jakarta, 10330
Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat