Shalat di Mesjid Terbesar di Inggris
June 16, 2018
Banyak Hal Yang Dapat Dilakukan Di Tokyo. Map Your Journeys!!
June 17, 2018
Show all

Sertifikasi Halal di Eropa. Yuk Dibaca Dulu Sebentar !!

Orang Indonesia terutama yang beragama Islam tentu tahu bahwa makanan berlambang halal adalah makanan yang aman untuk dikonsumsi karena aman untuk orang Islam termasuk untuk Sertifikasi Halal di Eropa. Sertifikasinya sendiri diberikan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Tetapi jika label halal yang ada di sebuah produk tidak berasal dari MUI, apakah makanan tersebut juga halal dan aman untuk dikonsumsi.

Seperti yang dikutip dari CNN Indonesia, Lia Amalia, Kepala Bidang Sosialisasi dan Promosi Halal lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM) MUI memberikan penjabarannya.

“BPOM adalah lembaga yang berwenang soal pencantuman label halal. Meskipun demikian ada beberapa badan sertifikasi halal di dunia yang oleh MUI diakui dan sertifikasi halal yang mereka berikan memiliki standar serupa,” kata Lia.

Soal pengecekan apakah sebuah produk itu halal atau tidak maka MUI menerapkan standarisasi yang didasaran pada fatwa MUI dan syariat islam, yang hasilnya dikumpulkan menjadi Standar Sertifikat MUI juga berkaitan dengan Sertifikasi Halal di Eropa.

Standar Sertifikat MUI terdiri dari HAS 23103 untuk kategori penjagalan atau pemotongan hewan, HAS 23201 untuk bahan-bahan halal, HAS 23101 untuk kategori industri pengemasan, HAS 23102 untuk restoran, dan HAS 23104 untuk katering.

Lebih lanjut Lia mengatakan bahwa apabila sertifikat halal dari lembaga lain itu diakui oleh MUI, maka itu karena berstandar sejenis, namun jika tidak diakui oleh MUI, boleh jadi itu karena standarisasi yang berbeda.

Di dunia ada sejumlah lembaga sertifikasi yang dipasang oleh MUI dan diberi pengakuan oleh komisi ulama tersebut. Dari data yang dimiliki, lembaga-lembaga itu kemudian memberi pengakuan dengan dasar sejumlah aspek mulai dari rasa, proses produksi, dan penjagalan.

Total, terdapat 42 badan sertifikasi halal yang diakui MUI dari 23 negara. Berikut beberapa lembaga-lembaga standarisasi dunia yang diakui MUI memiliki standar kehalalan yang sama dengan MUI. Itulah sedikut ulasan tentang Sertifikasi Halal di Eropa. Semoga bermanfaat.

1. Majelis Ugama Islam Singapore
2. Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM)
3. Office Muslim Affair (OMA), Filipina
4. The Central Islamic Comittee of Thailand (CICOT), Thailand
5. Taiwan Halal Integrity Development Association (THIDA), Taiwan
8. Jamiat Ulama E-Maharashtra (JUM), India
9. Muslim Professional Japan Association (MPJA), Jepang
10. The Islamic Coordinating Council of Victoria (ICCV), Australia
11. Halal Quality Control, Belanda
12. Halal Food Authority (HFA), Inggris
13. Halal Food Council USA (HFC USA), Amerika Serikat

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi
Lt.2, DKI Jakarta, 10330
Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat