Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah
June 15, 2018
Piala Dunia 2018 – “The Third Capital of Rusia”, Surga Pariwisata Mayoritas Umat Muslim
June 15, 2018
Show all

Yuk Intip Apa Yang Dilakukan Warga Arab Saudi Di Hari Pertama Lebaran

Yuk Intip Apa Yang Dilakukan Warga Arab Saudi Di Hari Pertama Lebaran

Hari Raya Idul Fitri merupakan momen religious, meski begitu Hari Raya ini dirayakan diseluruh penjuru dunia khususnya umat Islam dengan tradisi-tradisi yang unik dan berbeda-beda.

Menghadiri shalat Ied itu memang sudah sepatutnya, namun biasanya mereka mempersiapkan shalat Ied dari malam sebelum Hari Raya. Mereka bekerja bhakti dan berbondong-bondong membersihkan area dan mempersiapkan keperluan shalat sebaik mungkin serta memukul beduk dan mengumandangkan takbir sebagai tanda kemenangan.

Di sejumlah negara Arab Saudi, tradisi berkumpul dan saling mengucap maaf juga dilakukan di antara keluarga dan kerabat. Seperti dikutip dari Arab News, setelah mengikuti ibadah salat Idul Fitri di masjid-masjid besar terdekat, mereka biasanya berkumpul di rumah keluarga tertua untuk bersilaturahmi. Mereka juga memiliki tradisi silaturahmi dengan tetangga dan sejumlah kerabat seraya mengucap rangkaian selamat Idul Fitri.

Kertas dan pena

Selama pekan silaturahmi Lebaran, semua pintu rumah biasanya sengaja tak dikunci untuk memudahkan kerabat, tetangga atau keluarga yang hendak bertandang. Mereka juga menyiapkan satu meja lengkap dengan kertas dan pena di dekat pintu untuk menyambut tamu yang tak bisa bertemu tuan rumah.

Eidiyah

Tak hanya sampai di situ, kemiripan merayakan Hari Raya Idul Fitri antara negara Arab Saudi dengan Indonesia adalah tradisi memberikan uang atau angpao pada anak-anak. Di Arab, tradisi ini dinamakan dengan Eidiyah. Eidiyah ini merupakan hadiah bagi anak-anak saat Idul Fitri. Eidiyah tersebut bisa berupa mainan atau uang.

Makan bersama

Nah, ini merupakan aktivitas lebaran yang sangat ditunggu orang-orang dan tidak hanya di Arab Saudi bahkan seluruh negara pun begitu. Namun yang membedakannya adalah jenis makanannya dan cara memakannya. Biasanya di Indonesia, makanan yang wajib disajikan saat lebaran ialah ketupat dan opor ayam. Namun, di Arab Saudi pun berbeda, makanan yang wajib disajikan di Arab Saudi ialah Nasi Kabsa.

Image result for hidangan lebaran di arab

Nasi kabsa adalah nasi lemak yang dibumbui berbagai rempah-rempah seperti lada hitam, cengkeh, kayu manis serta cardamon mirip seperti nasi kebuli yang ada di Indonesia. Nah, cara mereka makannya pun berbeda dan unik. Biasanya, mereka menyajikan di sebuah piring besar dan mereka duduk memutari hidangan piring besar tersebut lalu memakannya secara bersama-sama tanpa menggunakan sendok dan garpu. Mungkin kalau di Indonesia terkenal dengan budaya liwetan. Terkadang nasi kabsa ini dilengkapi dengan daging sapi, unta, ayam, kambing, dll.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi
Lt.2, DKI Jakarta, 10330
Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat