Tips Liburan Hemat di Eropa
June 13, 2018
Aplikasi Ini Membuat Ramadhan Di Jepang Jadi Mudah
June 14, 2018
Show all

Terkena Bom Atom Dan Gempa Bumi, Masjid di Jepang Ini Tetap Kokoh Berdiri

Terkena Bom Atom dan Gempa Bumi, Masjid di Jepang Ini Tetap Kokoh Berdiri

Terletak di District Kitano, Kobe. Masjid Kobe merupakan masjid tertua di Jepang yang dibangun sejak tahun 1920 dan diresmikan pada tahun 1935. Bangunan masjid ini bergaya Turki tradisional, Arsitek dari Masjid Kobe tersebut bernama Ceko Jan Josef Svagr, seorang arsitek yang juga membangun sejumlah bangunan pribadatan barat di seluruh Jepang.

Masjid Kobe merupakan masjid terbesar di Jepang, dekat dengan pusat Kota Nagoya, yang tidak hancur meski di bom atom oleh sekutu ketika perang dunia II terjadi.
Masjid tertua di Jepang ini masih menjadi pusat peribadatan umat muslim di Jepang selama lebih dari 80 tahun lamanya. Beberapa masjid lainnya telah dibuka di penjuru negeri, melayani populasi dari komunitas muslim yang berjumlah puluhan ribu.

Masjid Kobe terletak di Nakayamate Dori, Chuo-Ku, Kobe bermakna sebagai Gate of God atau Gerbang Tuhan. Meskipun begitu, Masjid Kobe ini satu-satunya bangunan yang selamat dari serangan udara selama perang dunia ke II di Pasifik serta gempa bumi besar di Hanshin sekitar 7.3 sr pada tahun 1995. Faktanya, Masjid ini masih kokoh berdiri bahkan masih aktif hingga sekarang digunakan sebagai pusat peribadatan umat muslim di Jepang.

Seperti yang telah kita ketahui dari sejarah-sejarah perang dunia ke II, sekutu menjatuhkan bom atom ke wilayah Hiroshima dan Nagasaki. Lalu kota Kobe pun tidaklah luput dari kehancuran akibat serangan udara tersebut. Hampir seluruh bangunan runtuh namun tidak dengan bangunan masjid ini. Hanya saja sedikit retak pada dinding-dinding luar masjid dan sedikit berwarna kehitaman akibat efek asap serangan bom atom yang diluncurkan sekutu.

Masjid ini sempat ditutup pada tahun 1943 oleh angkatan laut kekaisaran Jepang untuk dijadikan tempat berlindung para tentara Jepang yang pada akhirnya selamat. Lalu dibuka kembali dan pada akhirnya masih aktif sebagai tempat peribadatan umat muslim hingga detik ini.

Masjid Kobe terletak ditengah-tengah kepadatan penduduk yang dimana mayoritas adalah umat muslim dari berbagai negara. Adapula banyak penduduk yang berasal dari negara Indonesia. Berjalannya waktu, penduduk sekitar mulai membuka usaha-usaha seperti makanan halal disekitar masjid. Sehingga, banyak pula penduduk-penduduk muslim yang tinggal jauh dari Kota Kobe yang rela berbondong-bondong datang untuk berbelanja dan beribadah.

Tidak sulit kok untuk kalian muslim traveler yang ingin berkunjung ke Masjid tertua dan bersejarah ini. Kamu dapat mencapainya dengan naik kereta JR, Hanshin dan Hankyu, lalu turun di Stasiun Sannomiya. Dari Stasiun Sannomiya kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 12 menit. Banyak rute yang bisa kamu tempuh, salah satunya dengan melewati pusat pertokoan di daerah Sannomiya.

Lalu kalian tunggu apa lagi muslim traveler?? segera searching tentang Masjid Kobe, pilih agen-agen travel yang pas menurut kalian lalu siapkan dokumen-dokumen keberangkatan. Tentukan waktu yang tepat untuk kalian pergi ke Jepang apalagi niatnya beribadah disana, waah seperti apa pahala yang akan kalian dapatkan.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi
Lt.2, DKI Jakarta, 10330
Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat