Apa Sih Yang Dimaksud dengan Mihrab di Masjid Nabawi ?
April 14, 2018
Berkunjung ke Masjid Khamsah
April 14, 2018
Show all

Sekelumit Tentang Masjid Quba

Masjid Quba adalah mesjid yang letaknya ada di wilayah Quba. Letak Quba sendiri ada kurang lebih 5 km ke arah barat daya dari kota Madinah. Saat Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, penduduk Quba adalah yang pertama kali menyongsong kedatangan beliau. Saat itu, karena penduduk Quba dan Madinah belum ada yang mengenali Nabi, maka ketika Abu Bakar Assiddiq datang memakai pakaian yang sama putih, mereka menjadi bingung. Untuk itu Abu Bakar lantas memegang selendang miliknya dan dilindungkan ke kepala Nabi. Daripada itu mereka pun memahami yang mana Nabi Itu.

Kedatangan Nabi di Quba pada hari Senin tanggal 12 Rabi’ ul Awal tahun 13 kenabiannya atau tahun 53 dari kelahiran beliau. Menurut keterangan Mahmud Pasya Al Falaki, seorang ulama ahli falak terkenal di Mesir, bahwa hari kedatangan Nabi di Quba adalah berte patan denan tanggal 20 September 622 M, dan pada waktu itu di Quba beliau menempati rumah Kalsum bin Hadam dari Kabilah Amir bin Auf.

Nabi lantas membeli tanah di Quba yang sebelumnya dimiliki oleh Kalsum bin Hadam, kemudian ia mendirikan masjid. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW yang lalu diikuti oleh Abu Bakar, Umar, Usman, kemudian, Ali bin Abi Thalib. Kelanjutannya dilakukan oleh para sahabat dari Muhajirin dan Anshar.

Rasulullah SAW mendirikan Masjid Quba dan merupakan masjid pertama yang beliau dirikan. Pembangunannya mencapai 2 tahapan karena pada mulanya kiblat pertama menghadap ke Baitul Maqdis dan di tahap yang kedua arah kiblat dialihkan ke Baitullah. Dalam pembangunannya ini, Nabi Muhammad SAW mendapat bantuan dari Malaikat Jibril terkait arah kiblat dari masjid itu.

Letak masjid Quba saat ini berada di sudut perempatan jalan tidak jauh dari jalan baru yang menghuhungkan Madinah-Makkah-Jeddah. Rasulullah Saw. sangat mementingkan mendatangi rmasjid ini setiap hari sabtu sebagaimana dalam sabdanya:

Setiap hari Sabtu Rasulullah Saw mendatangi Masjid Quba berkendaraan atau berjalan kaki dan beliau shalat sunat dua rakaat dalamnya. Rasultiliah Saw, memberikan dorongan atau menganjurkan datang ke masjid Quba seraya berkata: Siapa saja yang bersuci (membersihkan diri dari najis dan hadats) di rumahnya, kemudian datang ke masjid Quba dan shalat dalamnya, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala umrah. (Hadits riwayat, Ahmad Nasa’i, Ibnu Majah, dan Hakim).

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat