Berkunjung ke Masjid Khamsah
April 14, 2018
Jabal Rahmah, Saksi Pertemuan Adam dan Hawa
April 14, 2018
Show all

Kenapa Masjid Al Aqsa di Yerussalem Begitu Sakral

Yerusaalem adalah kota yang sangat dikeramatkan bagi tiga agama besar dunia. Di kota ini terdapat Masjid Al Aqsa yang menjadi kiblat pertama umat Islam, sekaligus menjadi masjid paling suci ketiga sesudah Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

Tiga agama besar dunia berbasis di sini. Tengok saja di sini ada umat yahudi dengan tembok ratapannya, juga ada umat kristiani yang selalu merindukan dirinya untuk bisa datang ke Betlehem. Bahkan letak tiga tempat suci ini tidak terlalu berjauhan.

Umat islam diperintahkan untuk shalat menghadap kiblat ke Masjidil Aqsa selama 17 bulan pasca Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Semenjak waktu itu, arah kiblat dipindahkan ke Kabah yang ada di Masjidil Haram, Makkah, Hingga saat ini.

Masjid Al Aqsa berada di kompleks Al Haram Asy Syarif, dengan kubah nya yang berwarna perak. Luas areal komplek ini mencapai 14 ha. Dalam kompleks ini anda bisa melihat Dome of The Rock, yang dikatakan sebagai tempat Nabi berpijak kala melakukan isra miraj. Bukan itu saja, batu itu pun diyakini sebagai tempat Ibrahim diperintah Allah untuk menyembelih putranya Ismail.

Masjid The Dome of The Rock, yang berkubah keemasan ini sering disangka sebagai Masjid Al-Aqsa. Sekitar 1.400 tahun silam Nabi Muhammad SAW menjalani Isra yakni perjalanan malam hari, dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa ini.

Dome of The Rock, yang sering disangka Masjid Al Aqsa (Erwin/detikTravel) Dome of The Rock, yang sering disangka Masjid Al Aqsa

Di Masjidil Aqsa juga, Nabi Muhammad sempat salat sunnah sebelum kemudian menjalani Miraj, yakni dari Dome of The Rock (yang saat itu masih jadi satu bagian tak terpisah dengan Masjidil Aqsa) ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi untuk menerima wahyu Salat.

Di kompleks Al Haram Asy Syarif tidak hanya ada Masjid Al Aqsa saja, namun juga ada beberapa masjid, yaitu Masjid Qibly, Masjid Buraq, dan Masjid Marwan.

Memasuki Masjid Al Aqsa, traveler harus bersabar dan antre. Karena masjid selalu ramai oleh wisatawan. Ada yang ziarah, salat, maupun wisata religi. Yang datang tidak hanya umat muslim, tapi dari segala kalangan datang ke masjid ini.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat