Kenapa Masjid Al Aqsa di Yerussalem Begitu Sakral
April 14, 2018
Tempat Belanja di Tanah Suci
April 14, 2018
Show all

Jabal Rahmah, Saksi Pertemuan Adam dan Hawa

Dikatakan bahwa selepas Adam dan Hawa diturunkan dari surga, Allah menurunkan Adam di Srilanka, sementara Hawa diturunkan di Arab, lebih tepatnya di Jeddah.

Tempat ini adalah tempat yang harus anda kunjungi ketika anda datang untuk haji maupun umrah di Kota makkah. Jabal Rahmah terletak di arah timur laut kota Makkah, yaitu di tepian Arafah. Dengan demikian tempat ini pun dinamakan Jabal Rahmah.

Di bukit berbatu ini, di bagian puncaknya, terdapat sebuah monumen yang tertancap sebagai penanda pertemuan Adam serta Hawa di bumi. Jika ingin secara langsung melihatnya, perlu sedikit usaha dengan mendaki bukit berbatu di sana.

Sebetulnya medan di sini tak terlalu sulit untuk didaki. kemiringan rata-rata di Jabal Rahmah mayoritas sebesar 45 derajat. Untuk memudahkan jamaah menaiki bukit, pemerintah saudi telah memasang anak tangga di sana.

Tetapi karena orang yang ingin mendaki sangat banyak sekali, anda tidak leluasa bergerak di sini. Bahkan ada kekhawatiran bahwa pengunjung bisa jatuh hingga tergelincir karena tersenggol atau terdorong oleh pengunjung yang lain.

Menyusuri tangga menuju puncak bukit, terlihat beberapa pedagang menjajakan barang dagangannya seperti aksesori, bubuk henna juga makanan. Banyaknya pedagang mungkin juga jadi salah satu penyebab ramai dan sempitnya area menuju bukit.

Namun perlu diingat, mitos tidak selalu benar. Berdasarkan pengumuman yang diserukan petugas lewat pengeras suara, tidak disarankan berdoa maupun salat untuk meminta sesuatu apalagi jika sampai mengganggu kenyamanan dan keamanan jamaah lain.

Jabal Rahmah memang memiliki keindahan tersendiri. Begitu sampai puncak bukit, pemandangan di sekitarnya pun terlihat indah dan menarik untuk diabadikan. Sayangnya begitu menuruni bukit ini, keindahan Jabal Rahmah jadi sedikit ‘terganggu’ karena banyaknya sampah di sela-sela bebatuan. Ada pula pengunjung yang mencorat-coret batu dengan spidol maupun cat putih.

Jabal Rahmah tentunya akan tampak lebih indah jika jamaah maupun pengunjung yang datang mau lebih menjaga kebersihan dan ketertiban. Terlepas dari itu, bukit bersejarah ini tetap menyimpan pesonanya tersendiri dan sejarah yang tak ternilai harganya.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat