Pola Makan Saat Umrah dan Haji
April 12, 2018
Sekelumit Tentang Masjid Quba
April 14, 2018
Show all

Apa Sih Yang Dimaksud dengan Mihrab di Masjid Nabawi ?

Pada mulanya Masjid Nabawi tidak memiliki Mihrab. Mihrab yang pertama dibangun di tahun ke 2 H, tepatnya di tanggal 15 Sya’ban persis setelah Rasulullah SAW diperintahkan untuk memindah arah kiblat dari Baitul Maqdis ke Baitullah di Kota Makkah. Mihrab di Masjid Nabawi, seluruhnya ada 5 buah, yaitu:

  1. Mihrab Nabawi, ada di arah timur mimbar . Tempat ini mula-mula dipakai untuk imam waktu Rasulullah Saw, memimpin shalat. Mihrab yang sekarang ini merupakan hadiah dari Al-Asyraf Qait Bey dari Mesir.
  2. Mihrab Sulaiman di arah kiri mimbar, bentuknya tak begitu berbeda dengan Mihrab Nabawi. Dibangun tahun 938 Hijriah dan merupakan pemberian dari Sultan bin Salim dari Turki.
  3. Mihrab Usmany, letaknya persis di tengah dinding pada arah kiblat yang saat ini dipakai imam untuk memimpin shalat jamaah.
  4. Mihrab Tahajjud, letaknya berada di utara jendela dari malam Rasulullah SAW. Dari segi bentuk maka jauh lebih kecil dari Mihrab Sulaiman dan Mihrab Nabawi. Rasulullah sangat sering bertahajud di Mihrab ini. Perbaikan pernah dilakkan di masa Sultan Abdul Majid.
  5. Mihrab Al-Majidi, letaknya ada di utara Dakkatul Agawat, tak sampai empat meter. Dari segi letak maka posisinya jauh lebih tinggi baik dari Mihrab Tahajjud maupun Mihrab Al-Majidi, memiliki tinggi 0.5 m dan panjang 12 m. Di tempat inilah pada masa lalu fakir miskin ahlus suffah sering berkumpul.

Inilah beberapa Mihrab di Masjid Nabawi. Bagaimana sahabat? Jika ingin memberi tambahan silakan tulis di kolom komentar.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat