Meminjam Uang Untuk Biaya Umrah. Bolehkah ??
April 11, 2018
Jemaah Haji Wanita Shalat Arbain di Masjid Nabawi
April 12, 2018
Show all

Masjidil Haram. Mengapa Diberi Kata Haram ?

Ada beberapa alasan mengapa Masjidil Haram, Makkah dan area di sekitarnya dinamakan tanah haram. Terhadap pertanyaan ini para ulama menyampaikan sejumlah alasan misalnya karena di daerah ini kita tidak diperbolehkan melakukan perbuatan yang dilarang seperti berburu, berperang, mematahkan tanaman, dan lain-lain, dan bahwa makkah juga terlarang atas orang kafir.

Haram Dimasuki Orang Kafir

Berikut adalah firman Allah SWT dalam surat At-Taubah yang melarang non muslim untuk memasuki wilayah Al-Haram di Makkah Al-Mukarromah.

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidilharam sesudah tahun ini.(QS. At-Taubah: 28)

Memang betul jika orang musyrik itu bukan najis aini sehingg kendati orang musyrik itu mati, jasadnya pada dasarnya tetap suci, bahkan tempat minum mereka yang sebelumnya digunakan pun tidak najis. Kenajisan hanya terletak pada maknawinya saja.

Dengan demikian ayat ini hanya mengharamkan non muslim untuk masuk ke Masjidil Haram saja, sementara untuk seluruh masjid lainnya di seluruh dunia, tidak ada larangan untuk mereka dalam memasukinya.

Batas-Batas Tanah Haram

Sedangkan batas tanah haram yang berlaku semua ketentuan tentang tanah haram itu adalah batas miqat makani sebagaimana yang berlaku buat jamaah haji. Maka para batas-batas miqat itulah seorang non muslim sudah tidak boleh lagi masuk ke dalamnya.

Di sebelah timur ada Dzatu ‘Irqin, yaitu batas orang yang masuk dari arah negeri Iraq. Agak ke Selatan masih di timur ada Qarnul Manazil.

Paling selatan, yaitu dari arah negeri Yaman, ada Yalamlam. Sedangkan dari arah utara, beberapa kilometer dari Kota Madinah, ada Bi’ru Ali, atau disebut juga dengan Dzil Hilaifah. Di sebelah Barat ada Juhfah atau disebut juga Rabigh.

Maka kota Makkah seluruhnya tentu saja termasuk wilayah tanah haram. Artinya, orang kafir tidak boleh masuk wilayah ini. Oke itulah jawabannya, semoga anda tidak puas. Terus update pengetahuan tentang islam di website ini.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat