Jemaah Haji Wanita Shalat Arbain di Masjid Nabawi
April 12, 2018
Beberapa Manfaat Umrah ini Baik Untuk Anda
April 12, 2018
Show all

Beberapa Hukum dalam Ibadah Haji

Saat melaksanakan ibadah haji, seringkali terjadi sesuatu hal yang mungkin tidak kita sadari sebelumnya. Daripada itu harus kita pahami sejumlah Hukum dalam Ibadah Haji. Seperti berikut ini :

Saat Mengelilingi Ka’bah Bersentuhan dengan Non Muhrim 

Jika sentuhan kulit itu terjadi antara laki-laki dan perempuan, teruma terkait masalah batalnya wudhu atau tidak, merupakan masalah khilaf di kalangan ulama-ulama. Meski mereka berdalil pada nash yang sama.

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih) (QS Al-Maidah: 6)

Banyak dari ulama mengartikan lafadz au laamastumunnisaa’ pada ayat di atas dengan menafsirkannya secara hakiki, dengan begitu sentuhan kulit yang terjadi antara laki-laki dan wanita yang bukan mahram dianggap sebagai penyebab kebatalan dari wudhu.

Mereka yang berpaham batal wudhu’ karena sentuhan kulit ada yang sementara ‘pindah mazhab’, kalau berhadapan dengan situasi sulit seperti saat tawaf yang berdesakan. Adapula yang tetap berprinsip demikian, namun agar terhindar mereka menggunakan pakaian yang sangat menutup aurat dengan berlapis.

Ketika Melaksanakan Haji Tiba-tiba Haidh

Di masa lalu, Aisyah ra pernah mengalami hal tersebut dan mungkin belum ada antisipasinya. Sehingga oleh Rasulullah SAW beliau diminta untuk menunggu di Makkah hingga usai haidhnya.

Pingsan Saat Sedang Sa’i

Bila seseorang sedang menjalankan ibadah sa’i lalu pingsan, maka wudhu’nya batal. Untuk itu dia harus mengambil wudhu’ lagi. Namun tidak harus mengulangi sejak awal, cukup meneruskan dari posisi terakhir dia pingsan (batal wuhu’). Demikian beberapa bahasan tentang Hukum dalam Ibadah Haji, semoga bermanfaat.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat