Berhaji Setahun Sekali. Bolehkah Itu ?
April 8, 2018
Berhaji Di Bulan Lain, Bisakah Itu ?
April 10, 2018
Show all

Berhaji Dalam 4 Hari ?? Mungkinkah Itu Dilakukan ?

Pada kenyataannya pertanyaan di atas tidak ada salahnya karena ibadah haji memang dilakukan hanya dalam 4 hari saja yaitu tanggal 9, 10, 11, dan 12 Dzulhijjah. Kita menamakan ini nafar awalAtau jika ingin menambahkannya lagi dengan tanggal 13 ini dinamakan nafar tsani. Tanpa paksaan apapun, dua pilihan tadi bisa dilakukan. Dengan demikian Berhaji Dalam 4 Hari sangat mungkin untuk dilakukan.

Daripada itu jawabanannya bisa-bisa saja. Namun saat dipraktekkan belum tentu bisa dilakukan. Boleh saja kita melaksanakan ibadah haji secepat mungkin dan tak perlu waktu sampai 40 hari seperti kebanyakan dilakukan orang Indonesia. Karena meski ibadah haji dijalankan sampai 40 hari, ritual pentingnya justru hanya 4 hari saja lho.

Lebih dari itu pada dasarnya bukan acara utama. Ritual utama Berhaji Dalam 4 Hari sajalebih dari itu, kita selama 30 hari berdiam di Makkah dan 9 hari dihabiskan di Madinah. Dan tak ada satu pun ritual haji dalam kurun waktu 40 hari itu selain yang 4 atau 5 hari itu saja.

Secara teori semua urutan prosesi haji memang terlihat mudah dan sangat praktis. Tetapi pada kenyataannya kita bisa menghadapi persoalan, misalnya tentang urusan via masuk ke Arab Saudi. Karena ada selentingan bahwa beberapa hari menuju tanggal 9 wuquf itu sudah ditutup jalan untuk masuk ke area haji.

 

Yang harus diperhatikan, jika ingin Berhaji Dalam 4 Hari maka catatan yang harus diperhatikan adalah bahwa tidak ada acara khusus yang bisa dilakukan selain melakukan prosesi utama saja. Nah sudah bisa dipahami bukan? Semoga bahasan pendek ini bermanfaat untuk anda.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat