Haji dan Beberapa Kelebihan Haji
April 7, 2018
Lebih Dahulukan Mana, Haji Atau Santuni Anak Miskin
April 8, 2018
Show all

Wanita Umrah Tanpa Suami. Bagaimana Hukumnya ???

Kali ini bahasan kita adalah boleh atau tidaknya Wanita Umrah Tanpa Suami. Para ulama pada dasarnya sudah sepakat bahwa kemanapun wanita pergi, maka ia harus ditemani suaminya, ayahnya, atau seorang mahram. Tak terhitung banyaknya hadits Rasulullah yang memberi penekanan tentang hal ini, misalnya saja :

Dari Ibnu Abbas ra berkata bahwa Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah seorang laki-laki berkhalwat dengan wanita kecuali bila ada mahramnya. Dan janganlah seorang wanita bepergian kecuali bersama mahramnya.” Ada seorang yang berdiri dan bertanya,”Ya Rasulullah SAW, istriku bermaksud pergi haji padahal aku tercatat untuk ikut pergi dalam peperangan tertentu.” Rasulullah SAW bersabda, “Pergilah bersama istrimu untuk haji bersama istrimu.”(HR Bukhari, Muslim dan Ahmad.)

Dengan demikian kita bisa menarik kesimpulan bahwa Wanita Umrah Tanpa Suami tidak boleh terjadi yang maksudnya bahwa si istri harus ditemani oleh suaminya kala pergi umrah atau haji.

Padahal kita tahu bahwa jihad fi sabilillah itu sangat tinggi nilai pahalanya di sisi Allah. Tetapi Rasulullah SAW lebih memperioritaskan agar seorang suami mengantarkan istrinya pergi haji.

Sehingga para ulama umumnya mengharamkan wanita sendirian pergi haji ke tanah suci dengan dasar hadits ini. Apalagi bepergian di luar keperluan haji, tentu saja jauh lebih terlarang lagi bila tanpa ditemani. Hal itu juga diungkapkan oleh Ibrahim An-Nakha`i ketika seorang wanita bertanya via surat bahwa dia belum pernah menjalankan ibadah haji karena tidak punya mahram dan karenanya mempersoalkan boleh atau tidaknya  Wanita Umrah Tanpa Suami.

Maka Ibrahim An-Nakha`i menjawab bahwa anda termasuk orang yang tidak wajib untuk berhaji. Kewajiban harus adanya mahram di atas adalah sebuah pendapat yang dipegang dalam mazhab Hanafi dan para pendukungnya. Juga pendapat An-Nakha`i, Al-Hasan, At-Tsauri, Ahmad dan Ishaq.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat