Shalat Sunat Sebelum Berangkat Haji
April 7, 2018
Haji dan Beberapa Kelebihan Haji
April 7, 2018
Show all

Jima Saat Ihram dan Bentuk Tebusannya

Sebetulnya ibadah ihram itu tak jauh berbeda dengan puasa di mana perbuatan tertentu saat kita berpuasa dilarang untuk dilakukan. Dan andai kata terjadi sebuah pelanggaran maka konsekuensi untuk pelanggaran tersebut adalah membayar kaffarat. Daripada itu, kaffarat merupakan denda yang selayaknya dibayar karena dalam ihram telah terjadi pelanggaran. Sama halnya ketika terjadi Jima Saat Ihram yang membuat anda harus membayar sejumlah denda. Sehingga kaffarah ihram bisa kita definisikan sebagai :

الْجَزَاءُ الَّذِي يَجِبُ عَلَى مَنِ ارْتَكَبَ شَيْئًا مِنْ مَحْظُورَاتِ الإِْحْرَامِ

Hukuman atas mereka yang melanggar larangan-larangan dalam ibadah ihram.

Kaffarat atas pelanggaran larangan-larangan ihram ada beberapa bentuk, tergantung dari jenis pelanggarannya, dan juga para ulama berbeda-beda dalam penetapannya.

Tetapi jenis kaffaratnya sendiri adalah membayar fidyah, menyembelih hewan hadyu, bersedekah, berpuasa dan menanggung kerugian (dhaman).

1. Fidyah

Istilah fidyah (فدية) ini disebutkan secara tegas di dalam Al-Quran :

فَفِدْيَةٌ مِنْ صِيَامٍ أَوْ صَدَقَةٍ أَوْ نُسُكٍ

Maka wajiblah atasnya membayar fidyah, yaitu berpuasa, atau bersedekah atau menyembelih hewan (QS. Al-Baqarah : 197)

Di dalam ayat ini Allah SWT menyebutkan bahwa fidyah itu adalah puasa atau sedekah atau menyembelih. Para ulama mengatakan bahwa tiga hal itu merupakan pilihan, atau fidyah mukhayyarah, yang boleh dipilih oleh orang yang melanggar larangan ihram.

2. Menyembelih Hewan Hadyu

Istilah hadyu maksudnya adalah menyembelih hewan, baik berupa kambing atau pun bisa juga unta, tergantung dari jenis pelanggaran yang dilakukan.

Umumnya yang disembelih berupa kambing. Namun dalam kasus tertentu, diwajibkan menyembelih unta. Misalnya dalam kasus orang yang berjima’ dengan istri saat berihram, apabila dilakukan pada saat wuquf di Arafah.

Dalam kasus seperti itu, selain ibadah hajinya rusak, orang tersebut juga diwajibkan menyembelih unta, serta diwajibkan mengganti hajinya di tahun depan.

Hadyu juga seringkali diistilahkan secara populer dengan istilah dam, yang aslinya bermakna darah. Tetapi maksudnya adalah menyembelih hewan.

3. Bersedekah

Istilah sedekah sebagai kaffarat atas pelanggaran larangan ihram terutama karena Jima Saat Ihram. Digunakan oleh mazhab Al-Hanafiyah, tanpa menyebutkan kadar dan ukurannya.

Namun para ulama lain menyebutkan bahwa ukurannya berbeda-beda tergantung jenis makanannya. Kalau bentuknya burr atau qamh, ukurannya setengah sha’. Tetapi kalau bentuk makanannya syair, maka ukurannya adalah satu sha’.

4. Berpuasa

Puasa adalah salah satu dari tiga pilihan dalam fidyah. Dan wujudnya adalah puasa tiga hari. Dan puasa tiga hari ini sebanding dengan memberi makan fakir miskin.

5. Membayar Tanggungan (Dhaman)

Kata dhaman (ضمان) dalam bahasa Arab bermakna menanggung biaya kerugian karena Jima Saat Ihram. Maksudnya, bila seorang yang sedang berihram melanggar larangan dengan cara berburu, dan ternyata hewan yang diburu itu milik seseorang, maka dia wajib membayar uang penggantian atas hewan yang mati karena diburunya itu.

 

 

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat