Hukuman Mengumpat atau Membicarakan Orang Lain
April 2, 2018
Shalat Harus Menggunakan Sajadah ?? Hukumnya Bagaimana Sih ??
April 2, 2018
Show all

Menempatkan Kasih Sayang Sesuai Proporsinya

Kasih sayang adalah rahmat. Dalam kehidupan keluarga terdapat kasih sayang, dalam persahabatan ada kasih sayang. Namun Menempatkan Kasih Sayang ada proporsinya sehingga kasih sayang itu tidak menjurus pada perbuatan yang dilarang dalam agama. Harus ada proporsinya agar kasih sayang yang kita berikan tidak menuruti hawa nafsu. Dalam islam, kasih sayang itu sangat dicintai oleh Allah SWT, dan berikut adalah pembahasan lengkapnya.

Berkasih sayang diantara sesama manusia merupakan bentuk ketakwaan kita kepada Allah selama hal itu berada dalam koridor agama. Sikap saling menyayangi bahkan bisa menjadi penyebab Allah mencintai diri kita. Sebab, kasih sayang itu termasuk akhlak mulia yang disukai Allah dan merupakan bentuk ibadah kepada-Nya jika diniatkan dan ditunjukkan dengan cara yang benar.

Dalam hadis riwayat Na’im melalui Ibnu Abbas radhiallahu ‘anha, disebutkan “Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala Maha Pemurah, Dia mencintai sifat pemurah, dan Dia mencintai akhlak yang mulia serta membenci akhlak yang rendah”.

Al Quran pun mengajarkan hal yang demikian. Allah SWT berfirman:

“Katakanlah (hai Muhammad), ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu’. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Ali Imran: 31)

Jadi, ada beberapa tingkatan dalam Menempatkan Kasih Sayang dengan sebaik-baiknya.

Pertama, kasih sayang kepada Allah SWT. Ini merupakan kasih sayang yang dasar dan harus ada pada manusia.

Kedua, kasih sayang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Rasulullah bersabda, “Tidak sempurna iman kalian sampai aku lebih dia cintai daripada dirinya, orang tuanya, anaknya dan manusia lain keseluruhan”. (HR. Bukhori dan Muslim)

Ketiga, kasih sayang kepada manusia lainnya.

Keempat, kasih sayang kepada hewan, tumbuhan dna lingkungan (alam)

Dengan demikian, kita bisa mengetahui bahwa Islam merupakan agama yang bernar-benar memerintahkan kita untuk saling mengasihi dan menyayangi. Sebagai seorang muslim, kita harus Menempatkan Kasih Sayang ini dengan cara yang baik dan benar sesuai tuntunan syariat, bukan ikut-ikutan atau meniru budaya luar yang terlarang dalam Islam.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat