Waktu Untuk Mengucapkan Basmallah Yang Paling Direkomendasikan
March 27, 2018
Menempatkan Kasih Sayang Sesuai Proporsinya
April 2, 2018
Show all

Hukuman Mengumpat atau Membicarakan Orang Lain

Menurut anda apa sih keutamaan dari membicarakan orang lain, apalagi keburukannya. Sudah tentu bergosip adalah aktivitas kesukaan banyak orang namun sadarilah kebiasaan ini sangat buruk dan dalam islam hukumannya sangat keras. Hukuman Mengumpat akan kita bahas dalam postingan kali ini mengingat kebiasaan ini sudah begitu populer dalam kehidupan kita. Setelah mengetahui bahayanya, kami harap anda sadar dan bertekad untuk tidak melakukannya.

Perbuatan mencela atau mengumpat itu dibahasakan dengan istilah ‘Hamaz’ dan ‘lamaz’. Hamaz adalah mencela dan mengumpat orang lain dengan isyarat dan perbuatan. Sedangkan lamaz adalah mencela orang lain dengan ucapan. Hukuman Mengumpat atau wail sangatlah berat. Salah satu tafsiran menyatakan wail adalah lembah di neraka.

Alquran juga menyebut bahwa di antara orang yang tidak boleh diikuti adalah orang yang banyak mengumpang dengan kata-kata kotor.

“Yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah.” (QS. Al Qalam: 11).

Syaikh As Sa’di dalam kitab tafsirnya menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan hamaz dalam ayat di atas adalah banyak mengumpat atau menjelekkan orang lain yaitu dengan mengghibahi atau merendahkannya dengan candaan, atau semisal itu. Demikian keterangan dari.

Jadi, mengumpat atau mencela itu bukanlah perbuatan baik. Perbuatan itu terlarang dalam Islam. Bahkan, bisa mendatangkan madharat bagi pelakunya. Bahkan, Hukuman Mengumpat adalah azab di neraka.

ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat