Khasiat Air Zam Zam Yang Fenomenal
March 24, 2018
Umrah Berkali-Kali, Seperti Apa Sih Hukumnya ???
March 27, 2018
Show all

Nilai Universal dari Pakaian Ihram

Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa semua jemaah haji dan umrah harus mengenakan pakaian berwarna putih yang dinamakan pakaian ihram? Baik laki-laki atau perempuan semuanya menggunakan pakaian ihram. Hal ini berkaitan dengan adab bertamu ke rumah Allah SWT di mana tubuh dan semua yang kita kenakan harus suci. Daripada itu terdapat nilai universal dibalik keharusan menggunakan Pakaian Ihram. Beberapa akan kita bahas dalam postingan ini. Selamat menyimak, semoga bermanfaat.

Ada beberapa hikmah penggunaan pakaian ihram yang perlu kita ketahui bersama. Pertama, pakaian ihram harus suci dan tidak berjahit. Hal ini mengisyaratkan agar manusia menghadap Allah dalam kondisi suci, menanggalkan segala ornamen, meninggalkan ketergantungan dan keterikatan duniawi.

Kedua, Pakaian Ihram menegaskan adanya persaudaraan dan persamaan. Manusia memiliki kedudukan yang sama di hadapan Allah. Sesama manusia adalah bersaudara, tidak ada perbedaan yang ditunjukkan dengan adanya kesamaan pakaian ihram.

Ketiga, pakaian ihram menegaskan bahwa orang-orang yang kaya raya dan orang-orang yang penuh kesederhanaan akan berada dalam kondisi yang sama. Semua jamaah haji hanya menggunakan satu jenis pakaian tunggal, menanggalkan kesombongan dan keangkuhan yang selama ini mungkin ada pada diri jamaah.

Keempat, Pakaian Ihram ini mirip dengan kain kafan, yakni warna putih dan tidak berjahit. Hal ini mengingatkan kepada jamaah haji tentang kesiapan menghadapi kematian kapanpun. Sehingga jamaah haji bisa terus ingat mati dan mempersiapkan bekal terbaik menghadapi kematian.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat