Mempermudah Semua Urusan dengan Mendekatkan diri Kepada Allah SWT
March 23, 2018
Rezeki Lancar dengan Menjauhkan Diri dari Beberapa Hal Ini
March 23, 2018
Show all

Membahas Tentang Persyaratan Taubat

Manusia adalah makhluk fana yang seringkali berlumur dosa. Meski demikian sebaik-baik manusia adalah yang menyesali diri atas perbuatan dosa dan kemudian bertaubat. Selanjutnya setelah bertaubat kita memantapkan diri untuk tidak mengulangi dosa-dosa yang pernah dilakukan. Kalaupun kembali melakukannya maka sudah jelas bahwa taubat kita belum benar. Daripada itu ada Persyaratan Taubat yang harus dipenuhi sebaik-baiknya dan itu merupakan jaminan bahwa taubat kita akan diterima.

Sebetulnya Persyaratan Taubat sangat simple sekali, hanya saja diri kita harus berusaha untuk tidak lagi mengulangi perbuatan dosa yang pernah dilakukan. Syarat agar taubat diterima hanyalah ini saja :

(1) Menyesal,

(2) Berhenti dari dosa, dan

(3) Bertekad untuk tidak mengulanginya.

Taubat tidaklah ada tanpa didahului oleh penyesalan terhadap dosa yang dikerjakan. Barang siapa yang tidak menyesal maka menunjukkan bahwa ia senang dengan perbuatan tersebut dan menjadi indikasi bahwa ia akan terus menerus melakukannya. Akankah kita percaya bahwa seseorang itu bertaubat sementara dia dengan ridho masih terus melakukan perbuatan dosa tersebut?

Hendaklah ia membangun tekad yang kuat di atas keikhlasan sebagai Persyaratan Taubat, kesungguhan niat serta tidak main-main. Bahkan ada sebagian ulama yang menambahkan syarat yang keempat, yaitu tidak mengulangi perbuatan dosa tersebut. sehingga kapan saja seseorang mengulangi perbuatan dosanya, jelaslah bahwa taubatnya tidak benar. Akan tetapi sebagian besar para ulama tidak mensyaratkan hal ini.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat