Yuk Kita Baca Al-Quran
March 17, 2018
Dekat dengan Allah, Kunci Ketenangan Hidup Sejati
March 20, 2018
Show all

Sejumlah Larangan dalam Umrah

Sebagai sebuah ibadah, dalam umrah tentu ada beberapa hal yang menjadi larangan atau terlarang untuk dilakukan. Dan jika larangan ini tetap dilakukan bisa menyebabkan umrah yang dijalankan batal. Larangan dalam Umrah akan dijelaskan dalam postingan di sini. Silakan baca dengan seksama, semoga bermanfaat.

1. Setiap Laki-Laki Tidak Boleh Menggunakan Pakaian yang Memiliki Jahitan

Jadi selama Anda melaksanakan ibadah Haji dan Umroh, Anda tidak boleh menggunakan pakaian yang ada jahitannya seperti sorban, baju, celana, topi, bahkan kaos kaki. Namun Anda tetap diperbolehkan untuk menggunakan alas kaki seperti sandal.

2. Setiap Wanita Tidak Boleh Menutup Wajah dan Kedua Telapak Tangannya

Salah satu larangan yang tidak boleh dilakukan oleh jamaah Haji dan umroh khususnya untuk wanita adalah menutup wajah dan kedua telapak tangannya. Bahkan larangan ini juga berlaku saat ada laki-laki yang berada di sekitarnya.

Kaum wanita masih diperbolehkan untuk menggunakan pakaian yang berwarna maupun pakaian yang dijahit selama pakaian tersebut tidak menutupi kain ihramnya.

3. Memotong Kuku dan Rambut

Larangan berikutnya yang tidak boleh dilakukan pada saat melaksanakan ibadah Haji dan Umroh adalah memotong kuku dan rambut. Hal ini meliputi jenggot, kumis, dan rambut yang ada di daerah lainnya.

Apabila jamaah menderita sakit maka diperbolehkan untuk memotong rambut atau rambut namun dengan dikenakan fidyah, yakni harus berpuasa jika mampu atau berkurban.

4. Membunuh atau Memburu Binatang Darat

Jika Anda melihat binatang apapun ketika sedang melaksanakan Ibadah Haji dan Umroh, sebaiknya Anda tidak menangkap apalagi membunuh binatang tersebut selama Anda masih menggunakan kain ihram. Jika larangan itu dilanggar maka Anda harus membayar denda, yakni memberi makan fakir miskin sebanyak 1 mud (5-6 liter) dalam satu hari.

 

5. Larangan dalam Umrah ke 5, Mencabut atau Memotong Tanaman di Tanah Haram

Selama Anda masih menggunakan kain ihram, maka dilarang untuk mencabut atau memotong tanaman apapun yang berada di tanah haram, jika Anda melanggar larangan ini maka akan dikenakan denda seperti membunuh binatang.

6. Dilarang Menikah Atau Menikahkan

Selama Anda menggunakan kain ihram, Anda dilarang untuk menikah ataupun menjadi juru nikah untuk siapa saja. Jika ingin melakukan hal tersebut, maka sebaiknya dilakukan setelah meninggalkan pakaian ihram. Meskipun dalam Al-Qur’an nikah diperbolehkan, namun ini termasuk salah satu hal yang dilarang ketika melaksanakan ibadah Haji dan Umroh.

7. Dilarang Berduaan dengan Lawan Jenis

Ketika melaksanakan ibadah Haji dan Umroh dilarang untuk berduaan atau bermesaraan dengan lawan jenis sekalipun dengan mahromnya sendiri. Jika Anda melakukan hubungan suami isteri pada saat menunaikan ibadah Haji dan Umroh maka Anda harus membayar denda atau dengan menyembelih seekor unta atau sama dengan 7 ekor kambing.

8. Dilarang Mencaci Maki dan Berkata Kotor

Untuk menghindari Anda berkata-kata kotor, sebaiknya Anda memperbanyak berdzikir kepada Allah swt. Sehingga dalam kondisi apapun suasana hati Anda akan tetap tenang sekalipun harus berdesak-desakan dengan jamaah lain ketika sedang melaksanakan ibadah Haji dan Umroh.

9. Dilarang Memakai Minyak Wangi dan Minyak rambut

Yang dimaksud dengan wangi-wangian disini adalah dengan menggunakan parfum. Namun jika Anda mandi dengan sabun yang memiliki aroma yang harum maka hal tersebut tidak melanggar ihram.

10. Larangan dalam Umrah ke 10, Dilarang Bertengkar atau Berkelahi

Allah swt berfirman dalam Q.S Al-Baqarah 197 :

“Musim Haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan menegrjakan Haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan Haji.”

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat