Kelebihan Berhaji di Masa Muda
March 15, 2018
Cuaca Dingin di Makkah dan Cara Untuk Mengatasinya
March 16, 2018
Show all

Lebih Dahulukan Bayar Utang Atau Pergi Haji ?

jika kini anda memiliki sejumlah uang yang cukup besar dan ingin menyegerakan haji namun anda ternyata punya hutang yang belum dibayar. Maka timbul pertanyaan di benak anda tentang mana dulu yang harus diselesaikan, apakah harus melunasi hutang dulu, atau langsung pergi haji saja ? Intinya anda bingung antara harus Dahulukan Bayar Utang Atau Pergi Haji. Jika membaca ayat berikut maka anda segera teringat pada keutamaan haji serta Hukum berhaji bagi seorang mukallaf (yang dibebani syariat) adalah wajib jika ia mampu (untuk berhaji), terserah dia sudah menikah ataukah masih bujang. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT,

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, Yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.” (QS. Ali Imron: 97).

Maka penjelasannya adalah dengan mendasarkannya pada logika, lebih baik Dahulukan Bayar Utang Atau Pergi Haji ? Yang baik adalah memulai yang wajib dahulu sebelum yang sunnah. Maka tidak dibolehkan seseorang pergi ke Mekkah untuk menunaikan umrah sunnah sementara dia mempunyai hutang. Hutang harus dia lunasi. Sementara umrah sunnah apakah wajib bagi dirinya? (Jawabnya) tidak wajib. Bahkan, kewajiban haji pun gugur jika masih ada hutang.

Jika seseorang mempunyai utang senilai semua hartanya, maka tidak wajib haji. Sebab Allah mewajibkan haji hanya kepada orang yang mampu. Firman-Nya.

“Artinya : Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah” [Ali-Imran : 97]

Maka kewajiban yang harus didahulukan adalah membayar utang. Dan jika setelah itu mendapat kemudahan untuk haji, maka dia boleh haji. Tapi jika utangnya lebih sedikit dari nilai hartanya sehingga dia dapat haji setelah membayar utang, maka dia membayar utangnya terlebih dahulu lalu dia pergi haji, baik haji wajib maupun sunnah.

Namun untuk haji yang wajib harus segera dilakukan, sedang haji sunnah mempunyai pilihan. Jika mau maka dia boleh pergi haji, dan jika tidak haji maka tiada dosa baginya. Itulah sedikit bahasan tentang Dahulukan Bayar Utang Atau Pergi Haji, semoga hal ini menjadi jelas bagi anda semua.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat