Berhaji Untuk Menyempurnakan Ibadah Kepada Allah SWT
March 15, 2018
Lebih Dahulukan Bayar Utang Atau Pergi Haji ?
March 16, 2018
Show all

Kelebihan Berhaji di Masa Muda

Ibadah haji atau umrah akan lebih baik dilakukan ketika usia masih muda. Ibadah haji atau umrah adalah ibadah yang sangat mulia serta dilakukan di tempat yang sangat mulia di Masjidil Haram, di tanah suci. Berhaji di Masa Muda jelas memiliki keutamaan karena saat muda kekuatan tubuh kita masih sangat prima sehingga baik dari segi niat, hingga pengorbanan secara fisik dan materi bisa disiapkan. Tengok saja berapa lama perjalanan yang diperlukan oleh setiap jemaah haji dari negerinya masing-masing untuk bisa datang ke baitullah menggunakan transportasi pesawat terbang. Ini mengindikasikan bahwa kekuatan fisik adalah penting sekali dan berpengaruh terhadap penyelesaian semua prosesi dalam ibadah haji dan umrah.

1.Kondisi Fisik Masih Segar Bugar

Kegiatan ibadah Haji dan Umroh sangat memerlukan kekuatan fisik. Dengan kondisi cuaca yang berbeda, kemudian ada beberapa rukun ibadah yang memang dapat menguras tenaga, seperti: tawaf, sa’I, mencium hajar aswad. Maka sudah dipastikan prosesi rukun tersebut dibutuhkan perjuangan baik itu berdesak-desakan antara jamaah lainnya, mengingat jika postur tubuh kita kecil berdesak-desakan dengan orang-orang afrika yang tinggi besar, kemudian jarak sa’I yang begitu lumayan jauh, belum lagi jarak hotel dengan masjid yang jauh. Maka bagi anda yang sudah berniat haji atau umroh mulailah dari sekarang untuk menjaga stamina agar tetap kuat dan bugar.

2. Kesanggupan Diri Secara Finansial

Menurut hadis dari Tirmidzi dan Ahmad, haji dan umroh akan membuat seseorang terbebas dari kemiskinan. Allah akan memberikan balasan yang lebih banyak kepada mereka yang berkorban banyak untuk melakukan ibadah besar ini. Jadi saat masih muda, lebih baik segeralah melakukan haji.

3. Tidak Menunda-Nunda Ibadah Haji

Salah satu pilar dari Islam adalah haji. Menyegerakan ibadah haji akan membuat kita cepat mendapatkan kesempurnaan. Seperti yang tertulis pada poin pertama di atas. Selagi ada kesempatan untuk melakukan ibadah haji, jangan pernah menundanya lagi. Dalam Islam, menyegerakan ibadah adalah tindakan yang mulia. Apalagi ibadah ini termasuk ibadah besar, karena langsung mengunjungi Tanah Suci di Mekkah dan Madinah.

4. Memohon Sesuatu ketika Berhaji di Masa Muda

Allah memang akan mengabulkan semua permohonan dari hamba-Nya. Namun jika kita berdoa saat berada di Tanah Suci, kemungkinan doa kita akan dikabulkan itu sangat besar. Jadi saat kita punya kesempatan bagus, segeralah manfaatkan. Buat permohonan yang baik selagi muda, agar hidup bisa dimudahkan.

Salah satu tempat yang paling baik untuk membuat permohonan adalah pada hari Arafah. Pada hari ituAllah membuka pintu permohonan-Nya lebar-lebar kepada mereka yang melakukan ibadah haji. Doa-doa yang dipanjatkan oleh jemaah akan didengar dan dikabulkan.

5. Agar Dosa Terhapus

Haji adalah sebuah ibadah yang tak ternilai harganya. Banyak hal yang kita dapatkan dari ibadah yang dilaksanakan setahun sekali ini. Salah satu hal itu adalah penghapusan dosa oleh Allah. Semua dosa yang dilakukan saat muda akan segera luntur dan membuat kita semua menjadi seorang yang lebih baik. Bahkan kelak saat kembali ke Tanah Air, kita semua akan terjaga dari dosa baru dengan Berhaji di Masa Muda.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat