Hijir Ismail, Keutamaannya dan Terhapusnya Dosa-Dosa
March 10, 2018
Ibadah Haji Adalah Ibadah Yang Istimewa
March 10, 2018
Show all

Keutamaan Dari Haji Mabrur

Mencapai Haji Mabrur adalah keinginan semua muslim. Dengan penuh perjuangan kita berhaji dan berharap ampunan serta maghfirah dari Allah SWT. Kita berharap agar kita bisa masuk ke surganya Allah dan ada satu hal dibalik itu semua. Haji mabrur adalah pertanda bahwa segala sesuatu pada diri kita telah berubah. Berhaji merupakan tonggak bahwa semenjak saat itu segala hal pada diri kita berubah lebih baik lagi. Oleh karena itu tentu saja haji mabrur memiliki banyak keutamaan dan banyak dari keutamaan tersebut akan dibahas dalam artikel ini.

Para Ulama Berpendapat Mengenai Istilah Haji Mabrur :

  • Istilah “haji mabrur” sendiri, menurut sebagian ulama berasal dari kata al-birr  (kebaikan)  لَّيۡسَ ٱلۡبِرَّ أَن تُوَلُّواْ وُجُوهَكُمۡ قِبَلَ ٱلۡمَشۡرِقِ وَٱلۡمَغۡرِبِ Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan,…(Q.S.Al-Baqarah :177).
  • Haji mabrur adalah haji yang dilakukan oleh orang yang memiliki hubungan baik dengan Allah dan lingkungan sekitarnya.
  • Nama Mabrur artinya adalah Diberkati; Berbuat Kebajikan
  • Dalam kitab Fathul Baarii, Syarah Bukhari-Muslim menjelaskan: “Haji mabrur adalah haji yang maqbul yakni haji yang diterima oleh Allah swt..”
  • Imam Nawawi dalam syarah Muslim: “Haji mabrur itu ialah haji yang tidak dikotori oleh dosa, atau haji yang diterima Allah swt., yang tidak ada riya, tidak ada sum’ah tidak rafats dan tidak fusuq.”

Menjaga Derajat Haji Mabrur dengan Upaya-Upaya Berikut Ini :

  • Banyak menuntut ilmu-ilmu agama (mengaji, membaca buku-buku dan kitab-kitab agama dsb.)
  • Melakukan sholat tepat waktu, usahakan dengan berjamaah di masjid serta memperbanyak melakukan sholat-sholat sunat.
  • Cara berpakaian dengan menggunakan busana yang Islami (menutup aurat), termasuk anak-anak dan keluarga.
  • Dalam berbicara menjaga kesopanan, tidak suka menyakiti orang lain.
  • Berperilaku dermawan, baik harta, tenaga, profesi, atau ilmu.
  • Berperilaku tawadhu’ (rendah hati), sederhana, tidak mengedepankan ananiyyah (egoisme), menerima dan menghargai pendapat orang lain.

Dosanya diampuni oleh Allah swt

Diriwayatkan dari Abu Huroiroh, Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ حَجَّ فَلَمْ يَرْفُثْ وَلمَ ْيَفْسُقْ رَجَعَ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ ( رَوَاهَ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ )

” Barangsiapa melakukan ibadah haji dan dia tidak rofats ( berkata kotor / saru, tidak jima’ / berkumpul dengan istri pada waktu terlarang) serta tidak maksiyat/fasiq, maka dia akan kembali seperti pada saat dia dilahirkan oleh ibunya (bebas dari dosa) “. (HR. Bukhori dan Muslim).

Untuk itu kita jaga baik-baik supaya tidak melakukan dosa-dosa baru atau kita perbanyak bertaubat dan beristighfar memohon ampunan kepada Allah SWT.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat