Mencium Hajar Aswad Hukumnya Seperti Apa ?
March 9, 2018
Keutamaan Dari Haji Mabrur
March 10, 2018
Show all

Hijir Ismail, Keutamaannya dan Terhapusnya Dosa-Dosa

Siapa yang tak mengenal Hijr Ismail sebuah tempat di dekat Ka’bah yang menjadi tempat diampuninya dosa-dosa. Dengan dimensinya yang berbentuk setengah lingkaran dan dibangun oleh Nabi Ibrahim bersama Nabi Ismail. Dalam perkembangannya Hijr Ismail sempat roboh karena kebakaran dan banjir bah yang melanda ka’bah. Namun di tahun 606 Masehi sempat direnov kembali oleh kaum quraisy Makkah. Jika anda sempat bertandang di sini dan kemudian berdoa di tempat ini niscaya semua dosa-dosa anda akan diampuni.

Hijir Ismail termasuk bagian dari Ka’bah, karena itu jamaah yang melakukan thawaf harus mengitari pula Hijir Ismail. dan juga ribuan orang berlomba untuk shalat dan berdoa disini karena salah satu tempat mustajab untuk berdoa.

Cerita ini bersumber dari riwayat Aisyah ra,” Aku bertanya kepada Nabi Saw tentang dinding hijr Ismail) apakah ia termasuk Ka’bah?” Beliau menjawab, “Ya.” Saya bertanya lagi, “Kenapa mereka tidak memasukkan ke dalam Ka’bah?” Beliau menjawab, Sesungguhnya kaum anda kekurangan dana.” (HR. Bukhari Muslim)

Hijir Ismail merupakan bagian Ka’bah yang memiliki keistimewaan tersendiri. “Bagian” ini pun merupakan salah satu tempat mustajab untuk berdoa. Dalam kitab Fi Rihaabil Baitil Haram dikisahkan, pada suatu hari ketika Nabi Ismail menyampaikan keluhan kepada Allah SWT tentang panasnya kota Mekah, lalu Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Ismail AS : “Sekarang Aku buka Hijirmu salah satu pintu surga yang dari pintu itu keluar hawa dingin untuk kamu sampai hari kiamat nanti”.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda, “Wahai Abu Hurairah, di pintu Hijir Ismail ada malaikat yang selalu mengatakan kepada setiap orang yang masuk dan shalat dua rakaat di Hijir Ismail; kamu telah diampuni dosa-dosamu. Maka mulailah dengan amalanmu yang baru”.

Ibadah yang dapat dilakukan di dalam Hijir Ismail ialah melakukan shalat sunat, berdoa dan berzikir. Keutamaan shalat di Hijir Ismail itu sama dengan shalat di dalam Ka’bah. Ini diriwayatkan oleh Abu Daud dari Aisyah r.a. yang berbunyi : ‘Dari Aisyah r.a. katanya; ‘Aku sangat ingin memasuki Ka’bah untuk melakukan shalat di dalamnya. Rasulullah SAW membawa Siti Aisyah ke dalam Hijir Ismail sambil berkata, ”Shalatlah kamu di sini jika kamu ingin shalat di dalam Ka’bah, karena ini termasuk sebagian dari Ka’bah”. (HR. Abu Daud)

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat