Anak-Anak Boleh Umrah ? Ini Ayat-Ayat Yang Menjelaskannya
March 9, 2018
Mencium Hajar Aswad Hukumnya Seperti Apa ?
March 9, 2018
Show all

Tempat Wisata di Madinah Yang Tak Boleh Anda Lewatkan Begitu Saja

Untuk umat islam di seluruh dunia, madinah adalah kota tersuci yang kedua setelah makkah. Tempat Wisata di Madinah sangatlah banyak. Di Madinah terdapat masjid Nabawi yang pendiriannya dilakukan di tahun pertama hijriah atau sekitar tahun 622 Masehi. Di masa kenabian, Nabi Muhammad SAW juga hijrah dari Makkah ke Madinah. Dan berikut adalah tempat wisata di Madinah yang harus anda kunjungi bersama keluarga :

1. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi berada di Kota Madinah, Arab Saudi. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi tempat makam beliau dan para sahabatnya. Masjid ini merupakan salah satu Masjid yang utama bagi umat Muslim setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjidil Aqsa di Yerusalem, Palestina.

Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah SAW setelah Masjid Quba yang didirikan dalam perjalanan hijrah beliau dari Mekkah ke Madinah. Masjid Nabawi dibangun sejak saat-saat pertama Rasulullah SAW tiba di Madinah, tepatnya di tempat unta tunggangan Nabi SAW menghentikan perjalanannya.

2. Masjid Quba

Masjid Quba merupakan masjid pertama yang didirikan oleh Rasullullah Muhammad SAW saat hijrah dari Makkah ke Madinah. Masjid ini didirikan pada tahun 1 Hijriah dan telah mengalami beberapa kali renovasi sehingga saat ini mampu menampung jamaah hingga 20 ribu orang. Masjid ini memiliki 19 pintu yang terbagi menjadi 3 pintu utama dan 16 pintu tambahan.

Tiga pintu utama tersebut digunakan untuk jalan masuk jamaah laki-laki sebanyak dua pintu, dan satu pintu sebagai jalan masuk utama jamaah perempuan, jadi sebelum masuk ke dalam masjid pastikan Anda membaca pedoman arah di dinding luar masjid agar tidak salah memasuki pintu.

“Janganlah kamu bersembahyang dalam Masjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya Masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. Di dalamnya Masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih”. (QS. At Taubah : 108).

3. Masjid Qiblatain

Masjid Qiblatain atau Masjid dua kiblat adalah Tempat Wisata di Madinah, merupakan salah satu tempat bersejarah madinah dan masjid terkenal di Madinah. Masjid ini mula-mula dikenal dengan nama Masjid Bani Salamah, karena Masjid ini dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah. Pada permulaan Islam, orang melakukan Shalat dengan kiblat kea rah Baitul Maqdis (Masjidil Aqsa Palestina).

Kemudian belakangan turun wahyu kepada Rasulullah SAW untuk memindahkan kiblat kea rah Masjidil Haram di Mekkah. Peristiwa itu terjadi pada tahun kedua Hijriah hari senin bulan rajab waktu Dzuhur di Masjid Bani Salamah ini. Ketika itu Rasulullah SAW tengah shalat dengan menghadap kea rah Masjidil Aqsa. Di tengah shalat, tiba-tiba turunlah wahyu surat Al-Baqarah ayat 144 :

“Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Alkitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya, dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan”. (QS. Al Baqarah : 144).

4. Masjid Khamsah

Masjid Khamsah merupakan masjid yang memiliki kaitan erat dengan peristiwa sejarah perang Khandak. Masjid ini terletak sekitar 3 kilometer di arah barat laut dari masjid Nabawi.

5. Makam Rasullullah

Makam Rasullullah Muhammad SAW adalah Tempat Wisata di Madinah yang kelima, berada di timur masjid Nabawi. Tempat ini dulunya merupakan rumah rasullullah yang sejak kewafatan beliau pada tahun 11 Hijriah terbagi menjadi dua bagian utama, bagian selatan menjadi tempat makam rasullullah sedangkan bagian utara menjadi tempat tinggal Siti Aisyah. Pada masa kepemimpinan dinasti Mamluk tahun 678 H, di makam rasullullah ini dibangun Green Dome (Kubah Hijau). Di bawah Green Dome itulah jasad rasullullah dimakamkan berdampingan dengan dua sahabatnya yaitu Abu Bakar dan Umar Bin Khattab.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat