Tempat Wisata di Madinah Yang Tak Boleh Anda Lewatkan Begitu Saja
March 9, 2018
Hijir Ismail, Keutamaannya dan Terhapusnya Dosa-Dosa
March 10, 2018
Show all

Mencium Hajar Aswad Hukumnya Seperti Apa ?

Hajar Aswad adalah bebatuan dari surga yang pada awalnya berwarna putih seputih susu dan dibawa ke dunia oleh malaikat Jibril. Di masa lalu ukuran hajar aswad tidak seperti sekarang ini dan terjadi perubahan warna menjadi hitam seiring dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia. Lantas seperti apa hukumnya Mencium Hajar Aswad karena kita sering melihat bahwa jutaan orang berebut mencium hajar aswad dalam prosesi haji dan umrah. Inilah pembahasannya :

Dalam pelaksanaan ibadah haji dan umroh, mencium hajar aswad bukan tergolong rukun haji maupun wajib haji, sehingga tidak diharuskan untuk dapat menciumnya. Namun jika dapat melakukannya ini adalah merupakan keutamaan, dan merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa kepada Allah swt.

Bagi mereka yang akan melaksanakan thawaf, keberadaan hajar aswad adalah merupakan tempat start untuk memulai thawaf sebanyak 7 kali dan sebagai finis dari thawaf sendiri. Setiap kali melewati letak hajar aswad maka hendaknya kita menciumnya atau dengan memberi isyarah dengan melambaikan tangan seraya membaca takbir.

Mencium Hajar Aswad adalah sunnah, sedangkan tidak menzalimi saudaranya hukumnya wajib. Kita dapati ada sebagian oknum yang ingin mencium hajar aswad kemudian ia berdesak-desakan bahkan sampai mendorong dan menyakiti saudaranya. Jika memang demikian, tidak perlu memaksakan melaksanakan sunnah mencium hajar aswad. Carilah waktu yang luang, lapang dan memungkinkan mencium hajar aswad tanpa menzalimi saudaranya.

Ingatlah bahwa kita datang beribadah di sisi Ka’bah yang mulia, bukan mencari dosa, apalagi dosa sesama saudaranya, maka tidak akan terhapus kecuali kita meminta maaf kepadanya dan akan diminta pertanggung jawaban di hari kiamat.

Berikut adalah 4 alternatif cara menyentuh dan Mencium Hajar Aswad serta bagaimana jika tidak bisa menyentuhnya. Syaikh DR. Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani hafizhahullah berkata, “Berkaitan dengan Hajar Aswad ada 4 sunnah yang ada contohnya dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu:

  1. Menyentuh Hajar Aswad dengan tangannya kemudian mencium dan bertakbir, ini adalah cara yang paling sempurna
  2. Jika tidak memungkinkan, maka ia menyentuh dengan tangannya dan mencium tangannya
  3. Jika tidak memungkinkan, maka ia menyentuh dengan tongkat atau semacamnya, kemudian mencium bagian yang tersentuh tersebut
  4. Jika tidak memungkinkan, ia berisyarat dengan tangannya dan bertakbir akan tetapi ia TIDAK mencium tangannya.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat