Beda Haji dan Umrah Dalam Beberapa Segi
March 8, 2018
Cara Menjaga Kelancaran Ibadah Haji dan Umrah dengan Persiapan Yang Memadai
March 8, 2018
Show all

Prosedur Membuat Paspor Anak Untuk Umrah

Beberapa waktu yang lalu seorang ibu yang akan berangkat umrah bersama anaknya tidak diharuskan untuk membuat paspor anak karena si anak bisa nebeng ke paspor milik ibunya. Namun saat ini ketentuan seperti itu sudah tidak berlaku lagi dan anak-anak pun harus dibuatkan paspor anak mulai usia di bawah umur hingga usia 17 tahun.

Dalam pengurusannya sebetulnya tak begitu berbeda dengan pembuatan paspor untuk orang dewasa namun tiap provinsi di Indonesia menetapkan aturan yang berbeda untuk pembuatan paspor anak ini. Antara lain orang tua harus menyiapkan berkas asli maupun fotokopi identitas diri, seperti: akte lahir si anak, KTP orang tua, Kartu Keluarga, STTB/Ijazah atau akte lahir orang tua, Surat Kawin/Nikah orang tua, dan paspor orang tua yang masih berlaku.

1. Mengurus paspor Secara Online

Ternyata proses pengurusan paspor tidak terlalu rumit kan? Demikian juga dengan pembuatan paspor pada anak, pada pengajuan paspor anak ada sedikit perbedaan persyaratan karena anak belum memiliki KTP. Berikut dokumen persyaratan pengajuan paspor anak yang wajib Anda penuhi:

  • Akta kelahiran anak
  • Kartu keluarga
  • Kartu identitas orang tua ( KTP ayah dan ibu)
  • Buku nikah orang tua
  • Surat pernyataan orang tua tentang pembuatan paspor anak. Di dalam surat pernyataan ini terdapat poin seperti bahwa Anda merupakan orang tua dari si anak yang memberikan izin kepada anak untuk memiliki paspor anak dan bertanggung jawab penuh terhadap hal apapun yang berkaitan dengan dikeluarkannya paspor anak tersebut.

2. Membuat paspor anak Langsung di Kantor Imigrasi

Siapkan semua dokumen persyaratan pembuatan paspor dalam bentuk asli dan fotokopi. Fotokopi berkas dicetak dalam kertas ukuran A4, bahkan fotokopi ktp juga dicetak dalam kertas A4 tanpa dipotong. Bagi Anda yang berstatus PNS, TNI, atau POLRI, Anda perlu membawa berkas tambahan yaitu surat rekomendasi dari atasan Anda.

  • Untuk Anda yang memiliki KTP di luar kota tempat pengajuan paspor, jangan lupa membawa surat rekomendasi dari instansi tempat Anda bekerja. Tentunya dibubuhi dengan tanda tangan atasan dan cap dari perusahaan. Pastikan semua berkas tersebut sudah lengkap sebelum berangkat ke kantor imigrasi.
  • Datang lebih awal ke kantor imigrasi untuk menghindari antrean yang panjang dan kemungkinan kehabisan nomor antrean—jumlah nomor antrean untuk walk-in biasanya dibatasi hanya 100 nomor per hari. Datanglah sebelum jam layanan dibuka, karena warga biasanya sudah mulai ramai jauh sebelum jam layanan kantor.
  • Setelah mendapatkan nomor antrean, segera beli formulir permohonan pembuatan paspor bermaterai di koperasi kantor imigrasi. Formulir ini harus diserahkan bersama berkas-berkas persyaratan lainnya.
  • Menunggu nomor antrean Anda dipanggil, untuk kemudian memasuki loket, wawancara, rekam sidik jari, dan foto. Penerapan one stop service sangat memudahkan karena semuanya dilakukan di satu meja yang sama. Pada saat foto, Anda diperbolehkan untuk senyum asalkan tidak terlalu lebar dan tanpa terlihat gigi. Tidak perlu khawatir soal wawancaranya, santai saja dan sebutkan data yang sebenarnya. Selama dokumen dan jawaban yang Anda ajukan tidak mencurigakan, kemungkinan ditolaknya permohonan paspor Anda sangat kecil. Jika nanti permohonan disetujui, Anda akan mendapatkan blanko pembayaran ke Bank BNI. Pembayaran dapat dilakukan melalui teller atau ATM. Simpan baik-baik bukti pembayaran.
  • Pengambilan paspor. Pembuatan akan selesai empat hari kerja setelah pembayaran dilakukan. Pengambilan dilakukan pada loket tersendiri yang mengharuskan Anda mengambil nomor antrean terlebih dulu. Pada saat pengambilan, Anda akan diminta menyerahkan bukti pembayaran—makanya jangan sampai hilang.

Setelah Anda dan anak Anda memiliki paspor, maka Anda dapat mempersiapkan perjalanan umrah Anda bersama anak. Demikian ulasan tentang prosedur membuat paspor anak, kami harap artikel ini besar manfaatnya untuk semua.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat