Kemabruran Haji Harus Dijaga Sebaik-Baiknya
March 8, 2018
Beda Haji dan Umrah Dalam Beberapa Segi
March 8, 2018
Show all

Pengajuan Visa Umrah Sebagai Prasyarat Dokumen Untuk Masuk Ke Tanah Suci

Untuk tinggal di manapun di dunia ini setiap orang yang akan masuk ke wilayah negara lain akan diminta untuk memasukkan Visa resmi. Sama halnya dengan ibadah umrah ke arab saudi maka setiap jemaah diwajibkan untuk memiliki visa. Namun untuk umrah dan haji, visa yang dibuat bukanlah visa reguler, melainkan visa umrah dengan masa berlaku hingga beberapa waktu tertentu. Daripada itu yang harus dipahami adalah Pengajuan Visa Umrah serta memahami bahwa visa umrah hanya berlaku dari 10 sampai 20 hari saja.

Berikut adalah jalur yang harus dilalui dalam Pengajuan Visa Umrah :

Umrah bisa dilakukan kapan saja. Namun, Kedutaan Besar Arab Saudi mulai membuka pendaftaran visa umrah, mulai dari bulan Rabiulawal hingga Ramadan. Beberapa pertimbangannya, yakni:

  • Mempersiapkan kedatangan jamaah haji, yang akan tiba di Tanah Suci di bulan Dzul Qa’sudah.
  • Faktor lain yang harus dipersiapkan dan dijamin oleh pemerintah Arab Saudi, meliputi kenyamanan, keamanan, dan keselamatan.

Dokumen Penting Syarat Mendapat Visa Umroh

  • Paspor asli dengan masa berlaku minimal tujuh bulan dari tanggal keberangkatan. Harus diingat, pastikan paspor yang dibuat terdiri dari tiga kata. Nah, jika Anda sudah memiliki paspor namun memiliki jumlah kata kurang dari tiga, ada baiknya melakukan penambahan nama paspor di kantor imigrasi setempat.
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Bagi pasangan suami-istri, diharapkan untuk melampirkan buku nikah asli.
  • Bagi anak berusia di bawah 17 tahun dan anak perempuan–hingga batas usia 40 tahun, diwajibkan melampirkan akta kelahiran.
  • Surat mahram. Bagaimanapun, perempuan yang berusia kurang dari 45 tahun, wajib didampingi suami atau mahramnya. Bagi yang berangkat tanpa suami atau keluarga, wajib melengkapi dirinya dengan surat mahram. Sementara itu, bagi perempuan yang berusia di atas 45 tahun, tidak diwajibkan untuk didampingi suami/mahramnya dan cukup melampirkan KTP asli saja.
  • Pas foto terbaru. Berukuran 4×6 sebanyak enam lembar dan berlatar belakang putih.
  • Tiket pesawat PP Jakarta–Jeddah.
  • Buku kuning. Merupakan bukti bahwa Anda sudah divaksinasi meningitis. Adapun pelaksanaan vaksinasi bsia dilakukan di Dinas Kesehatan Kota atau Kantor Kesehatan Pelabuhan terdekat.
  • Bukti akomodasi dan transportasi (kontrak hotel/sewa bus di sana); data penanggung jawab; surat perjanjian kerja sama visa umrah; salinan legalitas biro perjalanan; salinan izin umrah; agenda perjalanan; dan persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh pengantara umrah. Adapun calon jemaah diwajibkan untuk mematuhi seluruh aturan dan syarat teknis yang sudah ditetapkan oleh Kemenag RI, Kedutaan Besar Saudi Arabia (KBSA), dan pihak penyelenggara haji yang ditetapkan oleh KBSA

Kisaran Biaya Visa Umroh

Pengajuan Visa Umrah saat diproses memiliki kisaran harga dari $80 hingga $300, biaya visa umroh sesungguhnya bisa bervariasi. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti negara penyelenggara, agen perjalanan, hingga waktu keberangkatan. Dimulai dari harga $80, biaya ini bisa mengalami kenaikan, lho. Ketika akan memasuki bulan Ramadan, misalnya. Pada masa itu, harga visa bisa naik hingga $300!

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat