Hikmah Umrah Sebagai Bentuk Ibadah Kepada Allah SWT
March 8, 2018
Pengajuan Visa Umrah Sebagai Prasyarat Dokumen Untuk Masuk Ke Tanah Suci
March 8, 2018
Show all

Kemabruran Haji Harus Dijaga Sebaik-Baiknya

Setelah menempa diri dalam ibadah haji dan umrah, kini yang harus dilakukan oleh semua adalah menjaga Kemabruran Haji supaya hasil dari semua perjuangan itu tidak menjadi sia-sia. Haji mabrur bisa dilihat dari bertambahnya ketaqwaan, terpenuhinya seluruh syarat haji, rukun haji, wajib haji dan sunnah-sunnah nya, hingga kembalinya si haji tersebut ke negerinya masing-masing. Dan yang terpenting, dengan menjadi haji mabrur, orang yang bersangkutan tidak kembali melakukan hal-hal buruk yang sebelumnya sering ia lakukan.

Sebenarnya yang mempunyai hak menilai kemabruran haji seseorang hanyalah Allah Ta’ala. Dan sebagai manusia kita hanya bisa menilai Kemabruran Haji dari pandangan manusia saja. Ada beberapa tanda haji mabrur menurut para Ulama Islam berdasarkan akan keterangan serta nash Al-Qur’an dan As-Sunnah. Salah satunya sebagaimana disampaikan Abu Bakar Jabir al Jazaari dalam kitab, Minhajul Muslimin, “Haji mabrur itu ialah haji yang bersih dari segala dosa, penuh dengan amal shaleh dan kebajikan-kebajikan.”

Selain itu, segala amalan ibadah haji yang dilakukan dan berdasarkan atas keikhlasan untuk mendapatkan keridhoan Allah Ta’ala dan juga dilaksanakan sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Dalam sebuah hadist disebutkan, “Siapa yang berhaji ke Ka’bah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya” (Hr. Bukhari)

Semoga Alloh jadikan para jamaah haji kita sebagai orang-orang yang berhasil menggapai Kemabruran Haji. Untuk itu dibutuhkan kesabaran ekstra saat melaksanakan rangkaian manasik dan kesungguhan untuk memperbaiki diri sepulang pergi haji.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat