Tips Menghadapi Musim Dingin Saat Umrah
March 5, 2018
Kemabruran Haji Harus Dijaga Sebaik-Baiknya
March 8, 2018
Show all

Hikmah Umrah Sebagai Bentuk Ibadah Kepada Allah SWT

Dengan cara apapun yang paling memungkinkan, semua orang di dunia ini pasti mempunyai sebentuk kerinduan untuk umrah. Kita bisa melihat hal ini dari besarnya antusiasme masyarakat dunia dalam berumrah dan tentu saja karena adanya Hikmah Umrah dibalik itu semua. Diantara hal yang menjadi tujuan dilakukannya ibadah umrah tentu saja limpahan rahmat dan ganjaran dari Allah SWT. Selanjutnya dengan melakukan umrah, semua manusia berharap untuk mendapatkan beberapa hal berikut ini :

  1. Kain IHRAM adalah tadzkirah kehidupan yang mengingatkan kita bahwa hidup ini harus dimulai dengan kesadaran bahwa kita semua pasti akan MATI
  2. IHRAM adalah ta’limat kehidupan yang menyatakan untuk kita bahwa perjalanan menuju Allah harus dimulai dengan ikhlas melepas seluruh “pakaian keduniaan” yang selama ini melekat membelenggu hati kita, dan menggantinya dengan “pakaian Akhirat” yang disukai Allah.
  3. TALBIYAH adalah suara kehidupan yang mengingatkan kita bahwa hidup di dunia ini tidak memiliki apapun; tidak juga pujian, tidak juga ni’mat, tidak juga kekuasaan. Semuanya Milik Allah, yang Allah Berikan agar kita segera memenuhi Seruan dan Panggilan-Nya dan sekali-kali tidak menyekutukan-Nya dengan apapun dan siapapun.
  4. THAWAF adalah pusaran kehidupan yang membuat hidup kita terus mengalir berjalan tiada henti mendekatkan diri kepada Ilahi…Bergerak dari Allah, karena Allah, bersama Allah, untuk Allah sampai akhirnya melabuh damai dalam Rengkuhan Ridha Allah.
  5. SA’I adalah ikhtiar hidup untuk lapang menghadapi kesulitan apapun dan menjadikan kesulitan sebagai kesempatan untuk mendaki satu bukit kebaikan menuju bukit kebaikan berikutnya dan berikutnya… Kelak Allah akan Melakukan untuk kita apa yang tidak bisa kita lakukan.
  6. TAHALLUL adalah puncak kehidupan, yang ditandai dengan kerelaan mengambil berhelai-helai “rambut” ketinggian duniawi yang sering membuat kita sombong dan tinggi hati. Lantas membuang dan mencampakkannya untuk diinjak-injak oleh kita sendiri juga orang lain.

Selain hikmah melaksanakan di atas, ada pun keutamaan atau hikmah lain yang dapat di peroleh oleh jamaah yang benar-benar niat umrahnya karena Alloh, diantaranya :

  1. Mensyiarkan Islam. Ibadah umroh termasuk dalam kegiatan syiar untuk menyucikan dan membesarkan nama Allah SWT seperti yang selalu kita ucapkan dalam kalimat talbiyyah selama kita disana.
  2. Instrospeksi Diri. Selain itu hai dan umroh juga merupakan sarana agar manusia lebih banyak mengintrospeksi diri atas dosa-dosa dan kesalahan yang telah dilakukannya di masa lalu dan menjadi pelajaran di masa depan agar tidak lagi diulangi.
  3. Kesederhanaan dan Kesetaraan. Dalam rukun-rukun umroh juga terdapat hikmah yang dapat menjadi ibrah atau pelajaran dalam hidup ini. Yaitu kesederhanaan dan rendah hati di hadapan Allah SWT, dengan mengenakan pakaian ihram putih yang digunakan oleh seluruh jamaah haji dari penjuru dunia baik tua muda, kaya miskin, memiliki kedudukan ataukah hanya orang biasa.
  4. Kesabaran dan Disiplin. Selain itu hikmah umroh dan haji lainnya adalah ujian kesabaran. Ketika kita beribadah tidak hanya sendirian namun juga bersama jutaan umat Islam sedunia, kita diajarkan untuk menjadi sabar, tertib dan disiplin. Jangan sampai demi melaksanakan ibadah, kita sampai bersikutan, bersinggungan bahkan berbuat yang tidak baik karena terdorong emosi.
  5. Ukhuwah Islamiyah Muslim Sedunia. Melalui ibadah umroh kita juga menjalin ukhuwah islamiyah, belajar saling menghargai, menghormati dan berusaha memahami saudara-saudara sesama muslim yang datang dari berbagai macam suku dan bangsa.
  6. Menghapuskan Dosa dan Mendapat Ganjaran Syurga. Terakhir, keistimewaan haji dan umroh yang luar biasa adalah seperti dikatakan Rasulullah dalam hadits berikut ini:

Suatu umroh kepada umroh yang lain adalah kafarrah (menghapuskan dosa) di antara keduanya dan haji yang mabrur (diterima) itu tidak ada balasan baginya selain syurga.” (HR. Bukhari)

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat