Prosedur Membuat Paspor Anak Untuk Umrah
March 8, 2018
Panjatkan Doa-Doa Ini Ketika Umrah dan Haji di Makkah
March 8, 2018
Show all

Cara Menjaga Kelancaran Ibadah Haji dan Umrah dengan Persiapan Yang Memadai

Apapun syaratnya kita harus memenuhi kecukupan diri kita saat berada di tanah suci untuk menjaga Kelancaran Ibadah Haji dan Umrah dengan segala yang kita sanggupi. Saat nanti berada di tanah suci anda akan melakukan beberapa hal mulai dari thawaf, Sai, Wukuf dan amalan-amalan lainnyaSedangkan umrah adalah berkunjung ke Baitullah untuk beribadah, dengan melaksanakan thawaf, Sai dan Tahallul demi mengharapkan ridha Allah swt.

Saya harap anda bisa melakukan beberapa hal ini untuk menjaga kelancaran pelaksanaan ibadah haji dan umrah, antara lain :

1. Kondisi Tubuh Harus Terus Dijaga Agar Tetap Prima

Lakukan persiapan fisik sebelum keberangkatan seperti Latihan berjalan atau berlari, Menerapkan pola makan yang sehat, Istirahat yang cukup menjelang keberangkatan ke Tanah Suci agar kondisi tubuh prima saat melaksanakan ibadah umroh dan haji dan Jangan lupa membawa obat-obatan yang dibutuhkan.

2. Konsumsilah Makanan Secara Seimbang 

Menjaga porsi makan serta memakan makanan dengan asupan gizi yang seimbang bukan saja bermanfaat pada saat melaksanakan umroh saja tapi untuk kehidupan sehari-hari pun kita di anjurkan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta dengan porsi yang seimbang.

3. Persiapkan Bekal Secukupnya

Kata cukup disini adalah secukupnya saja sesuai kemampuan kita, karena kata cukup itu untuk tiap orangnya pasti berbeda-beda. Bawalah Perlengkapan atau pakain ganti secukup nya saja, jangan membawa beban yang melebihi kapasitas bagasi yang diperbolehkan maskapai penerbangan, Bekal Uang yang secukupnya saja jangan berlebihan meskipun tidak ada larangannya, tapi mesti diingat kita pergi ketanah suci untuk melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.

4. Persiapkan Diri Anda Secara Mental

Persiapan mental ini sangat perlu, bahkan sejak di tanah air. Saya akui, cobaan dan godaan saat menjalankan haji sungguh hebat, jadi kita benar-benar harus ikhlas, sabar, mudah memaafkan, serta hanya mengharap ridha Allah semata. Untuk membuat hati lebih tenang, agar kita benar-benar khusuk menjalankan ibadah Haji, maka kita harus mempersiapkan diri kita, baik fisik maupun batin.

5. Jangan Lupa Membawa Obat-Obatan

Ini benar-benar harus dipersiapkan dengan teliti, karena banyak sekali obat sehari-hari yang sulit di cari di tanah Suci. Kalaupun ada, belinya harus jumlah lebih besar, jadi sebaiknya kita membawa obat-obatan yang memang perlu untuk persediaan kita. Dan karena capek, biasanya penyakit yang biasa mendatangi kita, akan muncul, jadi bersiap lebih baik.

6. Ketika Pergi ke Masjidil Haram

Saat pergi ke Masjidil Haram, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan demi Kelancaran Ibadah Haji dan Umrahh adalah dengan tidak membawa barang terlalu banyak agar pemeriksaan oleh petugas tidak berlangsung terlalu lama, Bawa tas kecil dengan tali panjang yang bisa dikalungkan pada leher dan Lengkapi tas bawaan dengan sajadah tipis, Alquran mini, botol minum, kantong plastik sebagai wadah sandal, kacamata hitam, dan uang secukupnya untuk bersedekah.

7. Ketika Melakukan Tawaf

Agar aman saat tawaf, perhatikan tips tepat yaitu Jangan tawaf sendirian, Jangan terpisah dari rombongan, Ikuti arus tawaf dan jangan melawan arus atau menyeberang dan Jangan membawa uang dalam jumlah banyak dan simpanlah di tempat yang tersembunyi serta menempel dengan badan

8. Ketika Melempar Jumroh

Hindari waktu utama melempar jumroh karena risiko berdesakan dengan jamaah lain yang jumlahnya sangat banyak. Biasanya waktu sore dan malam hari merupakan waktu yang tidak terlalu ramai, Gunakan sepatu atau sandal yang dilengkapi tali tumit. Padatnya jamaah yang melakukan lempar jumroh dapat menyebabkan kaki terinjak dan sandal berisiko lepas, Saat berada di terowongan Mina, berjalanlah dengan cepat karena banyaknya jumlah jamaah bisa membuat suasana di dalam terowongan menjadi pengap, Jangan lupa membawa sebotol air minum agar Anda tidak kehausan dan Saat berangkat maupun pulang dari Tiang Jamarat, jangan memisahkan diri dari kelompok.

9. Tips Agar Anda Tidak Sampai Tersesat 

Hindari pergi sendirian, usahakan selalu bepergian dengan kelompok, Gunakan seragam khas Indonesia agar Anda mudah dikenali, Bawa selalu peta dan nomor maktab, Ke mana saja Anda pergi ingat nomor pintu dan nama pintu masuk, Jika bepergian dengan kelompok atau teman, pastikan lokasi titik kumpul kembali dan Bawa identitas diri ke mana pun Anda pergi. Jangan sekali-kali melepas gelang identitas atau menukarnya dengan jamaah lain.

10. Tips Ketika Belanja di Makkah

Cobalah untuk menawar harga barang yang akan Anda beli karena saat musim umroh dan haji harga barang cenderung dinaikkan, Harga kurma di Mekah lebih murah dibanding Madinah, tetapi sebaliknya harga barang lebih murah di Madinah daripada di Mekah.

Itulah antara beberapa hal yang harus dilakukan untuk Kelancaran Ibadah Haji dan Umrah.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat