Pengajuan Visa Umrah Sebagai Prasyarat Dokumen Untuk Masuk Ke Tanah Suci
March 8, 2018
Prosedur Membuat Paspor Anak Untuk Umrah
March 8, 2018
Show all

Beda Haji dan Umrah Dalam Beberapa Segi

Beda Haji dan Umrah akan dibicarakan dalam postingan ini karena meskipun kedua ibadah ini hanya dilakukan oleh muslim dan dilakukan di kota makkah, terdapat perbedaan mendasar dari keduanya. Meski begitu, banyak juga muslim yang belum paham dengan perbedaan dari keduanya. Seharusnya hal ini menjadi sumber kajian untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang agama islam. Meski pada dasarnya terdapat persamaan yaitu sama-sama dilakukan di tanah suci, perbedaannya adalah sebagai berikut :

1. Hukum Ibadah

Satu hal yang membedakan antara umrah dan haji adalah hukumnya. Umat Islam telah sampai kepada ijma’ bahwa ritual ibadah haji hukumnya wajib, fardhu ‘ain bagi setiap muslim yang mukallaf dan mampu. Bahkan ibadah haji merupakan salah satu dari rukun Islam. Dimana orang yang mengingkari kewajiban atas salah satu rukun Islam, dan haji termasuk di antaranya, bisa dianggap telah keluar dari agama Islam.

Tidak seorang pun ulama yang mengatakan ibadah haji hukumnya sunnah, semua sepakat mengatakan hukumnya wajib atau fardhu ‘ain. Berbeda dengan ibadah umrah. Para ulama tidak sepakat atas hukumnya. Sebagian bilang hukumnya sunnah, dan sebagian lainnya mengatakan hukum wajib.

2. Waktu Pelaksanaan

Beda Haji dan Umrah dari segi waktu pelaksanaannya. Perbedaan waktu yang antara ibadah haji dan umrah adalah dari segi durasi atau lamanya kedua ibadah itu. Secara teknis praktek di lapangan, rangkaian ritual ibadah haji lebih banyak memakan waktu dibandingkan dengan ibadah umrah. Orang melakukan ibadah haji paling cepat dilakukan minimal empat hari, yaitu tanggal 9-10-11-12 Dzulhijjah. Itu pun bila dia mengambil nafar awal. Sedangkan bila dia mengambil nafar tsani, berarti ditambah lagi menjadi 5 hari.

Sementara durasi ibadah umrah hanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam saja. Karena secara praktek, kita hanya butuh 3 pekerjaan ringan, yaitu berihram dari miqat, bertawaf tujuh kali putaran di sekeliling Ka’bah, lalu berjalan kaki antara Shafa dan Marwah tujuh kali putaran, dan bercukur lalu selesai. Sehingga lepas dari masalah hukumnya boleh atau tidak boleh sesuai perbedaan pendapat ulama, seseorang bisa saja menyelesaikan satu rangkaian ibadah umrah dalam sehari sampai dua atau tiga kali, bahkan bisa sampai berkali-kali.

3. Rukun Manasik

Perbedaan Haji Dan Umrah yang adalah terdapat pada manasik atau tata cara pelaksanaannya keduanya. Ibadah hajj sendiri memiliki manasik atau tata cara yang lebih bamyak dibandingkan dengan ibadah umrah, dengan lain kata orang yang sudah pernah melaksanakan beribadah hajj juga sudah langsung melaksanakan kegiatan umrah.

4. Lokasi Ibadah

Ibadah haji tidak hanya dikerjakan di Ka’bah saja, tetapi juga ditempat-tempat manasik lainnya, di luar kota Mekkah. Dalam ibadah haji, selain wajib bertawaf di Ka’bah dan Sa’i di Safa dan Marwah yang posisinya terletak masih di dalam masjid Al-Haram, kita juga wajib mendatangi tempat lain di luar kota Mekkah, yaitu Arafah, Muzdalifah dan Mina.

Sedangkan ibadah umrah hanya melibatkan Ka’bah dan tempat sa’i, yang secara teknis semua terletak di dalam Masjid Al-Haram. Jadi umrah hanya terbatas pada Masjid Al-Haram di kota Mekkah saja. Karena inti ibadah umrah hanya mengambil berihram dari miqat, tawaf dan sa’i. Semuanya hanya terbatas di dalam masjid Al-Haram saja.

Itulah Beda Haji dan Umrah yang paling pokok.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat