Mengenal Lebih Jauh Kota Mina, Tempat Tenda Haji Didirikan
March 1, 2018
Menggapai Haji Mabrur
March 2, 2018
Show all

Mempersiapkan Diri Untuk Wukup di Padang Arafah

Berwukuf di Padang Arafah 

Wukuf di Padang Arafah termasuk salah satu rukun haji yang mana bila tidak dilakukan oleh jemaah haji maka hajinya tersebut tidak sah. Wukuf dilakukan semenjak terbit matahari hingga matahari terbenam yang merupakan puncak daripada ibadah haji. Jika ketika akan melakukan wukuf terjadi sesuatu, misalnya jatuh sakit, maka nanti anda akan dibawa dengan menggunakan ambulance oleh petugas rumah sakit untuk berwukuf beberapa waktu di arafah. Alasannya karena jemaah haji yang tidak melakukan wukuf pada tanggal 9 dzulhijjah, hajinya itu tidak sah.

Persiapan Sebelum Melaksanakan Wukuf :

Pertama, persiapan fisik dan kesehatan. Menjelang wukuf, jamaah mengurangi kegiatan yang berhubungan dapat menguras tenaga dan melelahkan. Misalnya, jika pondokan kita relatif jauh dari Masjidil Haram maka ritme beribadah di masjid ini perlu diatur atau dikurangi. Beristirahat dengan baik di pondokan.

Persiapan sebelum Wukuf di Padang Arafah kedua adalahe konsultasi ke dokter akan kondisi kesehatan kita, termasuk banyak makan makanan yang bervitamin. Kedua, persiapan batin dan ilmu manasik. Memantapkan niat dan menanamkan keyakinan bahwa kita akan dapat melaksanakan seluruh prosesi ibadah baik wukuf, mabit, jumrah, maupun tawaf ifadhah.

Pengetahuan tentang ibadah-ibadah selama wukuf maupun di Muzdalifah dan di Mina dipelajari dan dimantapkan kembali. Terutama, mengenai ibadah dan doa di Arafah karena “Al-hajju Arafah” (Haji itu adalah Arafah).

Ketiga, persiapan perlengkapan. Menyiapkan hal yang perlu dibawa, baik pakaian, tikar, dan perangkat shalat, obat-obatan, maupun buku manasik dan doa. Bekal uang juga tentunya. Hanya, jangan terlalu berlebihan. Uang besar dan barang berharga sebaiknya sebelum berangkat dititipkan terlebih dahulu di Maktab. Itulah persiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan Wukuf di Padang Arafah.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat