4 Jenis Dam pada Ibadah Haji dan Umrah
March 1, 2018
Mempersiapkan Diri Untuk Wukup di Padang Arafah
March 2, 2018
Show all

Mengenal Lebih Jauh Kota Mina, Tempat Tenda Haji Didirikan

Mina sering dijuluki juga kota seribu tenda karena di sinilah jemaah haji menginap di tenda-tenda yang didirikan. Tenda-tenda ini terus berdiri di sana dan tidak hanya ada pada musim haji saja. Dan kali ini kita akan mengenali lebih jauh Kota Mina dengan segala keunikannya. Jika dilihat dari angkasa anda akan melihat hamparan berwarna putih sejauh mata memandang dan di sinilah para jemaah haji yang berasal dari seluruh dunia menginap di sini hingga pelaksanaan ibadah haji selesai.

Terletak bagian Timur kota suci Makkah, Kota kecil yang memiliki luas 20 kilometer persegi ini dikenal dengan julukan si kota tenda. Hampir setiap penjuru kota kecil ini dipenuhi ribuan tenda jamaah haji yang akan melontar jumrah.

Tak mengherankan memang, karena di kota ini terdapat banyak sekali tenda yang tersusun sangat rapi. Menurut data kementrian Arab Saudi, Tenda yang berdiri di kota mina sekitar 450.000 tenda yang tahan terhadap api.

Tenda-tenda yang berada di mina terbuat dari fiberglass dilapisi dengan serat telflon. Tenda yang tahan terhadap api ini di bangun secara permanen sejak kejadian pada peristiwa kebakaran pada tahun 1997 yang menewaskan sekitad sedikitnya 350 para jamaah haji.

Saking penuh nya kota ini dalam menampung jutaan jamaah haji, maka pemerintah Arab Saudi melakukan pemekaran atas kota ini. Area pemekaran ini disebut dengan “Mina Jadid” yang berarti Mina Baru.

Upaya Pemerintahan Arab Saudi terhadap Kota Mina si Kota Tenda

Upaya Pemerintahan Arab Saudi dengan terus memperluas area tenda nampaknya masih belum dapat menampung jutaan jamaah haji. Mulai pembangunan system tenda bertingkat hingga Mina Jadid untuk bisa menampung jamaah yang sedang melakukan haji pada tahun-tahun kedepan. Terang saja, disetiap musim haji berkisar antara dua sampai tiga juta jamaah haji membanjiri kota mina dari segala kota di penjuru dunia.

Langkah awal yang di lakukan Pemerintah Arab Saudi yaitu dengan memindahkan banyak bangunan public milik pemerintah yang berlokasi di wilayah itu. Jika di pindahkan maka bisa untuk menambhkan tenda bagi para jmaah haji yang datang ke kota Mina. Tahap pertama pembanggunan lokasi basru yang luas lahanya berkisar hingga satu juta meter persegi.

Ribuan Tenda tertata rapi di kota Mina dan terbagi menjadi beberapa blok, yang setiap bloknya di batsi olaeh dinding yang saling terhubung satu sama lain. Di setiap blok memiliki fasilitas antara lain berupa dapur, kamar mandi, dan tempat wudhu. Block tenda juga memiliki kode warna dan nomor untuk mengidentifikasi Negara asalnya.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat