Mengerjakan Shalat Sunnah Bisa Di Rumah Lho
February 27, 2018
Bagaimana Menyikapi Masalah Takdir Manusia
February 28, 2018
Show all

Membaca Al-Quran Sambil Tiduran? Boleh Atau Tidak Sih ?

Diantara sekian banyaknya amalan shaleh yang mendapatkan pahala besar bahkan syafaat di akhirat adalah membaca Al-Qur’an. Nah, sudahkah anda membiasakan diri membaca qur’an dalam kehidupan sehari-hari dan yang pasti membaca Al-qur’an sambil tiduran itu sebetulnya boleh atau tidak sih ? Mari kita bahas jawaban dari pertanyaan ini, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda semua.

Namun, adakalanya kita mendapati seseorang membaca Alquran sambil berdiri di dalam bus, atau sambil duduk menunggu angkutan umum. Bahkan sambil tiduran. Apakah adab atau sikap seperti itu dibolehkan menurut syariat?

Allah berfirman:

“Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring.” (QS. Ali Imran: 191)

Allah juga berfirman:

“Apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring.” (QS. an-Nisa’: 103)

Perintah zikir atau mengingat Allah dalam ayat ini sangat jelas. Dzikrullah tersebut mencakup alquran dan mencakup semua bentuk zikir, baik tasbih, tahlil, tahmid, maupun takbir. Itu menandakan dibolehkannya membaca Al-qur’an sambil tiduran, duduk maupun berbaring dalam berbagai situasi.

Fatwa Ibnu Baz menyebutkan bahwa Allah Ta’ala memberi kelonggaran dalam masalah zikir tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah membaca al-Quran sambil berbaring. Aisyah bercerita, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbaring di pangkuanku ketika aku sedang haid, lalu beliau membaca al-Quran.” (HR. Bukhari 297 & Muslim 719)

An-Nawawi mengatakan, “Hadis ini menunjukkan bolehnya membaca al-Quran sambil tiduran dan bersadar.” (Syarh Shahih Muslim, 3/211)

Jadi, membaca Alquran sambil berdiri, sambil duduk, sambil bersujud, dan sambil berbaring, semuanya boleh.

Ini merupakan bagian dari nikmat Allah Ta’ala dan kemudahan dari-Nya. Karena Alquran adalah zikir yang paling agung, sehingga (berdasarkan ayat tadi) membaca Al-qur’an sambil tiduran boleh-boleh saja.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat