Pengertian Tahalul Dalam Kaitannya Dengan Ibadah Haji dan Umrah
February 24, 2018
Hikmah Iman Kepada Malaikat Allah, Yuk Baca Selengkapnya Di Sini !!!
February 25, 2018
Show all

Inilah Hukum Haji dan Umrah Untuk Yang Berumrah Dalam Waktu Dekat

Semua muslim yang memiliki kemampuan baik dari segi finansial maupun kesanggupan secara fisik diwajibkan untuk pergi haji atau umrah. Dengan demikian Hukum Haji dan Umrah adalah wajib bagi mereka yang mampu dan hal ini telah dipertegas oleh Allah SWT dalam firmannya dalam Surah Ali Imran Ayat 97 yang artinya :

Artinya: “Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata (di antaranya) maqam Ibrahin, barang siapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia. Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barang siapa mengingkari (kewajiban haji) maka sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (QS Ali Imran: 97).

Sebagai ulama berpendapat bahwa Hukum Haji dan Umrah adalah mutahabah artinya baik untuk dilakukan dan tidak diwajibkan. Hadis Nabi Muhammad saw. menyatakan sebagai berikut.

Artinya: Haji adalah fardu sedangkan umrah adalah “tatawwu.” (A1 Hadis)

Tatawwu maksudnya ialah tidak diwajibkan, tetapi baik dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan melakukannya lebih utama daripada meninggalkannya karena tatawwu mempunyai ganjaran pahala. Dan itulah Hukum Haji dan Umrah semoga membantu meyakinkan niat anda demi pahala yang besar di sisi-Nya.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat