Arti Tawaf Ifadhah Yang Masih Termasuk Rukun Haji Ketiga
February 24, 2018
Inilah Hukum Haji dan Umrah Untuk Yang Berumrah Dalam Waktu Dekat
February 25, 2018
Show all

Pengertian Tahalul Dalam Kaitannya Dengan Ibadah Haji dan Umrah

 

Jika diartikan maka Pengertian Tahalul adalah “penghalalan” dan dalam pelaksanaan ibadah haji merupakan ritual yang dilakukan untuk melepaskan jemaah dari pantangan-pantangan ihram dengan cara menggunting dan mencukur rambut. Tahalul dilakukan ketika ritual sai selesai dilakukan.

Ada dua macam tahallul yaitu, tahallul awwal/tahallul pertama yaitu jika orang yang berhaji atau berumrah itu telah selesai melakukan dua dari tiga kewajiban haji yaitu : Lontar jumrah dan mencukur rambut, atau melontar jumrah bersama thawaf, atau thawaf dan mencukur rambut. Yang kedua adalah tahallul tsani/tahallul kedua adalah apabila orang yang melaksanakan ibadah haji telah melakukan tiga kewajiban dalam haji, yaitu melontar jumrah, thawaf dan mencukur/memotong rambut.

Ketika seorang jemaah haji/umrah telah melakukan dua hal sebagai mana telah disampaikan dalam kategori tahallul awwal di atas, maka orang tersebut diperbolehkan menggunakan baju berjahit, mengenakan parfum, dan terhitung halal segala jenis hal yang haram atas diri seseorang yang sedang ihram kecuali senggama.

Apabila ia telah melakukan yang ketiga sebagaimana yang termasuk dalam kategori tahallul tsani maka halal baginya melakukan semua yang dilarang atas orang yang sedang ihram termasuk senggama. Sebagian ulama berpendapat bahwa jika orang yang haji telah melontar jumrah pada hari ‘Id, maka dia boleh tahallul pertama. Ini adalah pendapat yang bagus. Jika seseorang melakukan hal ini, maka insya Allah tiada dosa atas dia. Berikutnya Pengertian Tahalul adalah :

Namun yang lebih utama dan lebih hati-hati adalah agar seseorang tidak tergesa-gesa tahallul pertama hingga dia melakukan amal haji yang kedua, yaitu mencukur/ memotong rambut atau ditambahkan dengan thawaf berdasarkan hadits dari Aisyah, meskipun dalam sanadnya terdapat komentar ulama, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya sebagai berikut: “Jika kamu telah melontar jumrah dan telah bercukur maka telah halal bagimu parfum dan segala sesuatu kecuali senggama” [Hadits Riwayat Abu Dawud].

Itulah Pengertian Tahalul, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

 

Comments are closed.

WhatsApp chat