Keajaiban Hajar Aswad, Batu Surga Yang Ada di Dunia
February 20, 2018
Ajakan Untuk Bertaubat Sebelum Nyawa Sampai Di Kerongkongan
February 22, 2018
Show all

Umrah Backpackeran, Kenapa Tidak !!!

Pergi umrah namun menghadapi keterbatasan biaya? Jangan nyerah dulu, kalau anda sanggup, banyak lho yang pergi umrah backpackeran. Selain lebih seru, pengalaman yang anda peroleh tentu berbeda dengan kebanyakan orang lainnya. Namun ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk pergi umrah dengan cara backpackeran. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dan disiapkan untuk pergi umrah ala seorang backpacker.

1. Mengurus pembuatan visa

Kamu harus mengurus visa ke Kedutaan Arab Saudi sebelum berangkat karena pemerintah sana tidak menyediakan Visa on Arrival. Selain itu, pengurusan visa juga tidak bisa dilakukan secara perorangan, sehingga kamu tetap membutuhkan campur tangan agen perjalanan.

Jika melalui biro travel, mereka biasanya mematok biaya sekitar US$ 200-300 per orang. Tarif ini bisa lebih murah lagi kalau kamu memiliki kedekatan dengan pihak travel-nya. Tapi, enggak semua biro travel mau menguruskan visa saja, lho. Kamu bisa mencari agen yang bersedia menguruskan visa melalui komunitas umroh backpacker

2. Visa tanpa lewat agen perjalanan

Ada tiga cara untuk mendapatkan visa ke Arab Saudi:

a. Undangan

Dikenal juga dengan calling visa atau visa ziarah. Visa ini bisa didapatkan jika kamu memiliki keluarga atau kerabat yang bekerja dan menetap di Saudi. Kamu bisa meminta mereka membuatkan undangan dan menjadi penjamin visa.

b. Bisnis

Jika kamu punya urusan bisnis di Saudi, kamu juga bisa memanfaatkan visa ini untuk umroh.

c. Transit

Ini untuk kamu yang akan mengunjungi suatu negara dan transit di Arab Saudi. Pemerintah Saudi menyediakan program umroh dengan visa transit di mana kamu bisa berkunjung ke Mekah dan Madinah selama 3 hari 3 malam.

3. Cari teman seperjalanan dan mahram

Meski bisa berangkat sendirian, kamu disarankan untuk mencari teman seperjalanan. Selain bisa berbagi biaya operasional selama perjalanan umrah backpackeran, kalian juga bisa saling menjaga selama berada di Tanah Suci. Carilah teman satu tujuan dari komunitas umroh backpacker setidaknya 3-4 orang.

Oh iya, wanita yang hendak umroh harus didampingi oleh mahram seperti suami, ayah, dan saudara laki-laki. Jika tidak ditemani mahram, kamu wajib melampirkan surat mahram pada saat pengajuan visa. Biaya pembuatan surat mahram berkisar antara Rp 250-500 ribu

4. Perhatikan masa low season dan cuaca bersahabat di Arab Saudi

Biar ibadahmu lebih khusyuk dan biaya yang dikeluarkan lebih murah, perhatikan waktu low season di Arab Saudi. Low season adalah masa di mana kunjungan wisatawan tergolong rendah. Biasanya ini terjadi pada bulan Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Ula, dan Jumadil Tsaniah.

Selain itu, hindari pula berkunjung pada saat cuaca sedang tidak bersahabat, yaitu puncak musim panas pada Juni-Agustus dan musim dingin pada November-Februari.

5. Terbang dari negara tetangga

Biasanya, maskapai penerbangan memberlakukan tarif yang cukup mahal untuk penerbangan langsung ke Saudi dari negara yang mayoritas muslim seperti Indonesia. Ini terjadi karena permintaan yang tinggi.

Nah, untuk memangkas harga tiket pesawat, kamu bisa terbang dari negara tetangga yang mayoritas non-Muslim, seperti Singapura, Myanmar, dan Thailand.

6. Pilih akomodasi, transportasi dan konsumsi yang bersahabat di kantong

Di sana, kamu bisa memperoleh akomodasi murah berupa apartemen dengan tarif 50-100 riyal atau sekitar Rp 125 ribu-250 ribu per malam.

Setiap kamar bisa berisi 3-4 orang, jadi kamu bisa berbagi dengan rekan sesama umrah backpackeran. Untuk makan sehari-hari, manfaatkan saja warung kaki lima yang harganya terjangkau.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat