Cara Tidur Yang Baik, Tidur Ala Rasulullah SAW
February 19, 2018
Keajaiban Hajar Aswad, Batu Surga Yang Ada di Dunia
February 20, 2018
Show all

Begini Nih Caranya Agar Umrah Mabrur Bisa Anda Peroleh

Umrah Mabrur

Dari ibadah umrah yang anda laksanakan tentu Umrah Mabrur adalah yang paling kita inginkan. Untuk mencapai itu semua perlu pengorbanan dalam hal tingkah laku dan amalan-amalan. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk mencapai umrah yang mabrur.

1. Ikhlas

Artinya melaksanakan semua manasik umroh haji hanya karena mengharap ridha Allah Subhanahu wata’ala. Hati harus dibersihkan dari ambisi dan kepentingan duniawi yang fana, seperti mengharap pujian dan penghormatan. Dalam hadits Qudsi, Allah Azza wajalla berfirman yang artinya:

“Aku adalah Dzat yang paling tidak membutuhkan sekutu. Barang siapa melakukan suatu amal dengan dicampuri perbuatan syirik kepadaKu, niscaya Aku akan tinggalkan dia bersama sekutunya.” [HR. Muslim].

 

2. Persiapan yang maksimal
Dengan persiapan optimal dan semaksimal mungkin, seorang hamba dapat menjalankan rangkaian manasik umroh haji dengan sempurna.

3. Memilih teman yang baik dan saleh, serta menghindari teman yang buruk atau malas

Mempelajari manasik umroh haji dan hukum-hukum yang berhubungan dengan safar, seperti shalat jamak dan qashar, serta tayamum. Tentunya hal ini dapat dibantu dengan panduan ustadz pembimbing atau buku panduan umroh haji.

4. Menghayati hakikat dan tujuan ibadah umroh haji.

Perjalanan ibadah umroh haji bukanlah rekreasi, bukan pula bisnis, melainkan perjalanan ibadah yang sarat dengan hikmah dan tujuan mulia. Di antara tujuan dan hikmah penting tersebut adalah:

 

5. Berusaha keras menghindari maksiat 

Sebab, Umrah Mabrur adalah: “Umroh haji yang terpenuhi seluruh hukumnya, dan dilaksanakan secara sempurna.” Melakukan dosa dan melanggar larangan umroh haji dengan sengaja akan menjauhkan seseorang dari nominasi umroh haji mabrur.

Selama menunaikan umroh haji, kita acap kali melihat kesalahan-kesalahan yang dianggap remeh oleh sebagian orang. Seperti melalaikan shalat, sengaja melanggar larangan ihram, menyakiti orang lain, berbantah- bantahan, membuka aurat, sibuk melakukan amalan yang tidak dianjurkan oleh syariat, dan sebagainya.

6. Bersungguh-sungguh dalam ibadah dan ketaatan.

Biasanya jamaah umroh haji Indonesia mempunyai waktu 40 hari untuk menunaikan manasik umroh haji, umrah, dan ziarah. Idealnya selama waktu ini jamaah benar-benar terlepas dari aktivitas duniawi, dan hanya terfokus pada masalah ibadah. Maka, sudah selayaknya waktu yang sangat terbatas ini benar-benar dimanfaatkan semaksimal mungkin. Apalagi, situasi dan kondisi umroh haji benar-benar menjadi momen perubahan yang sangat langka.

7. Istiqamah
Tanda yang paling jelas dari Umrah Mabrur adalah jika seorang jamaah umroh haji berubah menjadi lebih baik dan saleh di musim umroh haji dan setelah kembali ke negeri asalnya. Ia tidak hanya mampu mempertahankan amal ibadah dan kebajikan yang selama ini telah dilakukan, melainkan berhasil meningkatkannya sembari menjauhi segala bentuk maksiat, kemudian istiqamah di dalamnya.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat