Mengunjungi Tempat Bersejarah di Makkah dan Sekitarnya
February 13, 2018
Oh Ternyata Istimewanya Jembatan Jamarat Itu Seperti Ini !!!
February 14, 2018
Show all

Hikmah Ibadah Haji

Hikmah Ibadah Haji dan Umrah

Allah SWTmenyuruh hamba-hamba-Nya untuk hanya menyembahnya saja, mengagungkan, dan ibadah kepada-Nya saja. Dalam ibadah haji terdapat Hikmah Ibadah Haji yang bisa direnungi. Tidak semata sebagai sebuah prosesi yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada-Nya, tapi juga karena didalamnya sarat dengan berbagai makna yang penting.

Hikmah Ibadah haji yang merupakan ibadah fisik, namun demikian banyak makna baik yang tersirat maupun yang tersurat yang bisa kita ambil dalam pelaksanaan ibadah haji tersebut. Sungguh sangat disayangkan jika kita dalam melaksanakan ibadah haji ini kita kehilangan hikmah atau pelajaran yang terkandung di dalamnya. Hanya capek dan lelah saja yang akan kita dapatkan jika kita tidak mampu mengambil hikmah dari perjalanan ibadah haji kita. Sungguh hanya perkerjaan yang sia-sia belaka.

Hikmah ibadah haji disini memiliki maksud agar calon jamaah haji dapat mengetahui, memahami dan menghayati tujuan dan hakikat pelaksanaan ibadah haji, sehingga diharapkan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, karena semua ibadah yang kita lakukan pada dasarnya untuk membentuk manusia yang bertaqwa. Ada beberapa hikmah yang bisa kita petik dari ibadah haji kita antara lain:

HIKMAH IHRAM

Ihram memiliki pengertian “niat mulai mengerjakan ibadah haji atau umrah dan menjauhi segala larangan-larangan selama berihram”. Allah SWT telah menetapkan beberapa larangan yang harus dipatuhi oleh jamaah haji selama berihram, jika dilanggar maka ada konsekuensi yang harus kita terima, yaitu dengan cara membayar Dam/Fidyah sesuai ketentuan syar’i. Dengan berihram ini berarti kita telah berikrar dan bertekad untuk tidak melanggar larangan-larangan ihram seperti memotong/mencukur rambut, memotong pepohonan di Tanah Suci atau memakai pakaian berjahit. Padahal kesemuanya itu hal biasa dalam keseharian, bahkan kita disunahkan memotong kuku atau rambut untuk kebersihan kita, tetapi dalam kondisi berihram semuanya itu dilarang!

HIKMAH THAWAF

Thawaf adalah mengelilingi Kakbah sebayak tujuh kali putaran dimulai dan diakhiri dari Rukun Hajar Aswad, sedangkan Kakbah berada di sebelah kiri. Kakbah adalah pusat/kiblat ibadah umat islam. Disinilah, di Baitullah ini kita menjadi tamu Allah SWT. Thawaf merupakan sarana pertemuan kita sebagai tamu dengan Sang Khaliq, dengan mengelilingi ka’bah disertai dengan dzikir dan berdoa dengan khusuk. Ka’bah menjadi pusaran dan pusat peribadatan kita ke hadirat Allah SWT, karena thawaf identik dengan sholat dimana kita berkomunikasi secara langsung dengan Allah SWT.

HIKMAH TAHALUL

Tahallul merupakan perbuatan untuk melepaskan diri dari larangan-larangan ihram selama berihram, dilakukan dengan cara bercukur. Bercukur mengandung makna membersihan diri, membersihkan segala pikiran-pikiran kotor yang tidak bermanfaat. Bersihkan hati dan pikiran untuk menapaki kehidupan yang lebih baik menuju kepada keridhaan Allah SWT.

HIKMAH WUKUF

Wukuf berarti “berhenti”, merupakan rukun ibadah haji, tidak haji jika tidak wukuf di Arofah. Wukuf di padang Arofah merupakan gambaran kelak kita akan dikumpulkan Allah SWT di Padang Mahsyar pada Hari Kebangkitan. Pada saat wukuf ini, kita akan merasa dalam suasana yang tenang, tentram, seluruh jamaah haji dari berbagai penjuru dunia berkumpul, bermunajad kehadirat Allah SWT.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat