Bersepeda di Kopenhagen, Serasa Berada di Surganya Pesepeda
January 24, 2018
Tips Terhindar dari Penyakit, Sebelum, Ketika Umrah, dan Sepulang dari Umrah
February 4, 2018
Show all

Persiapan Umum Untuk Melaksanakan Haji dan Umrah

Melaksanakan Haji dan Umrah

Sebelum melaksanakan haji dan umrah, ada persiapan yang harus anda lakukan agar semua berjalan khidmat. Banyak diantaranya terkait persiapan fisik karena ibadah umrah adalah ibadah jasmani sehingga kesehatan menjadi faktor utama. Tak cuma itu, persiapan umrah juga membahas soal pembiayaan yang tidak boleh bersumber dari dana yang tidak jelas. Terakhir, bahwa umrah harus dinikmati tidak hanya sebagai sebuah ibadah tapi juga sebagai bentuk wisata reliji, tidak disalahkan jika anda membawa alat-alat untuk mendokumentasikan perjalanan umrah hingga sesi yang terakhir.

1. Baca dan perdalami lagi buku tentang ibadah haji, jangan cukup puas dengan informasi yang diperoleh dari bimbingan haji atau dari manasik haji saja.

2. Buku panduan Haji dari Departemen Agama dibaca seluruhnya sebelum berangkat, pada bulan puasa lebih tepat untuk mendalami buku tersebut, do’a-do’a mana yang dapat dihafal lebih baik dihafalkan, jangan baru dibaca setelah sampai di tanah suci.

3. Hal-hal yang masih menjadi pertanyaan atau meragukan tentang pelaksanaan ibadah haji sedapat mungkin didapatkan jawabannya sebelum berangkat ketanah suci, jangan dipendam dan baru ditanyakan setelah di tanah suci, akan banyak mengalami kebingungan dan banyak silang pendapat.

4. Ingat… di tanah suci pembimbing haji tidak setiap saat akan menemani anda, pembimbing haji menemani pada saat waktu-waktu tertentu saja, jadi waktu selebihnya adalah terserah aktivitas yang saudara rencanakan sendiri.

5. Sebelum keberangkatan perbanyak sholat taubat, tahajud, dhuha serta sholat sunat lainnya dan minta mohon agar segala dosa dan aib yang dimiliki ditutup dan diampunkan disana.

6. Jaga kesehatan dan stamina saat melaksanakan haji dan umrah dengan cara melatih berjalan jauh dipagi hari dan olah raga teratur, karena banyak aktivitas perjalanan jauh (jalan kaki) disana dan fisik harus kuat, pola makan dan tidur yang teratur, disana waktu tidur dan istirahat banyak berkurang.

7. Tulis wasiat, jika perlu, seandainya Tuhan mentakdirkan kita tidak pulang kembali ketanah air untuk menikmati keindahan negeri dan dunia ini lagi.

8. Perbekalan : jangan terlalu banyak membawa pakaian. Pakaian dibawa sekedarnya pertimbangkan jika nanti mau beli oleh-oleh saat kembali ke tanah air. Ingat berat bawaan ada quotanya alias terbatas. Tentu alat kebutuhan mandi perlu dibawa disamping perbekalan mencuci, karena disana mencuci baju dilakukan sendiri kecuali yang membawa istri, bisa dilakukan kerja sama gotong royong.

9. Perbekalan dalam bentuk bahan makanan sebaiknya makanan langsung habis dimakan dan perbanyak makanan kering yang sudah masak seperti rempeyek, dendeng, ikan asin (boleh mentah),
indomie, rendang, keripik kentang, disana makanan yang dibagikan dan disediakan kebanyakan masakan yang direbus bukan digoreng dan rasa bumbu kurang, sehingga banyak jemaah yang kurang suka, nafsu makan jadi kendor.

10. Obat-obatan sangat perlu, obat batuk, pilex, pusing, obat sakit perut, obat merah, tensoplas, serta perangkat obat luka..serta lotion kulit anti cuaca panas udara kering. Obat-obatan bagi penyakit khusus itu perlu disiapkan dari tanah air selengkap mungkin.

11. Siapkan tambahan uang real jauh-jauh hari, jangan beli saat mendekati keberangkatan harganya menjadi mahal, disana ada juga money changer, tetapi harga relatif tinggi, jadi sebaiknya disiapkan dari tanah air dan beli pada saat kurs masih murah.

12. Jangan lupa membawa Camdig alias camera digital atau camcoder pokoknya untuk dokumentasi diri saat melaksanakan haji dan umrah karena disana banyak tempat-tempat yang menarik untuk berpose ria.

Ads :

Ayo umrah dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat