Jangan Cuma Dipajang, Cobalah Gowes Sepeda Hari Ini Juga
January 23, 2018
Penanganan Luka Karena Kecelakaan Bersepeda
January 23, 2018
Show all

Pentingnya Nutrisi Untuk Aktivitas Bersepeda

Aktivitas bersepeda memang agak melelahkan, betapa tidak, pesepeda harus menggowes pedal berulang kali pada jarak yang tidak ditentukan. Alhasil semua kelelahan bahkan tak mungkin anda mengalami dehidrasi. Bersepeda memerlukan kekuatan tubuh dan kekuatan tubuh hanya bisa diperoleh jika tubuh ternutrisi dengan baik. Dari manakah nutrisi itu bisa didapat? Banyak sekali sumber nutrisi yang bisa diandalkan antara lain dari sayuran dan buah-buahan tapi yang harus didahulukan tentu saja mengkonsumsi makanan yang bisa membangun massa otot. Apa saja makanan itu? Silakan dicatat deskripsinya di sini.

Pedoman Dasar Mengkonsumsi Nutrisi Selama Bersepeda

– Untuk waktu latihan bersepeda Kurang dari 1 Jam; makan sedikit makanan berbasis karbohidrat (sereal, buah atau roti panggang). Setidaknya dua jam sebelum latihan bersepeda, dimaksudkan agar makanan dapat di cerna tubuh dengan sempurna. Ada kemungkinan besar tidak akan perlu makan apapun selama perjalanan selama durasi ini.

– Untuk waktu latihan bersepeda 1-2 Jam, sama seperti mengkonsumsi untuk latihan kurang dari 1 jam, tapi ditambah untuk membawa dan mengkonsumsi setidaknya satu bar energi atau paket gel selama perjalanan.

– Untuk waktu latihan bersepeda lebih dari 3 jam, makan makanan padat setidaknya dua jam sebelum mulai latihan. Hindari makanan berlemak dan berkonsentrasi pada karbohidrat sehat seperti oatmeal, yoghurt, buah, roti panggang atau bagel. Jangan lupa untuk membawa bar energi ataupun gel yang cukup untuk di konsumsi setidaknya sekali satu jam untuk menggantikan kalori yang telah terpakai.

Masa Pemulihan dalam Aktivitas Bersepeda

Setelah bersepeda antara 1 dan 2 jam, makan cemilan yang berkarbohidrat dan berprotein (sereal, daging tanpa lemak, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan atau sayuran) untuk membantu tubuh cepat pulih. Setelah perjalanan panjang, makan makanan yang sehat dalam 20-40 menit, ini akan membantu dalam proses metabolisme tubuh untuk kembali fit dari kelelahan.

Pemilihan waktu mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dan berprotein tepat setelah berlatih sangat penting dalam proses pemulihan dan perbaikan jaringan tubuh secara cepat. Daging yang kaya akan protein dan sayuran dikombinasikan dengan biji-bijian akan membantu untuk mengembalikan vitalitas otot-otot sekaligus menjaga kadar lemak.

Aktivitas bersepeda lebih optimal jika anda mengkonsumsi minuman kesehatan di tangan untuk memulai proses pemulihan dalam jangka waktu yang optimal. Dan pastikan untuk beristirahat yang cukup, seperti halnya tidur adalah mekanisme pemulihan alami tubuh, jangan dilewatkan!

Ads :

Ayo bersepeda dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat