Pentingnya Nutrisi Untuk Aktivitas Bersepeda
January 23, 2018
Kafein Bukan Resep Untuk Menjadi Pesepeda Profesional
January 23, 2018
Show all

Penanganan Luka Karena Kecelakaan Bersepeda

Bersepeda merupakan aktivitas menyenangkan meskipun tak menutup kemungkinan bahwa kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Untuk terhindar dari kecelakaan anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin khususnya dengan memakai perlengkapan untuk mencegah kecelakaan. Kalaupun kecelakaan bersepeda tidak terelakkan, ada beberapa penanganan yang bisa dilakukan. Kami menghimpun keterangannya di sini agar ketika anda mengalaminya, penanganan cepat bisa dilakukan. So tenangkan diri dan menepilah terlebih dahulu, ambil perlengkapan yang kami sarankan dan obati luka pada tubuh anda. Ini informasi lengkapnya :

1. Pastikan Mendapatkan Imunisasi Tetanus

Kotoran dan pasir dapat membawa bakteri berbahaya sehingga segerakan saja mencuci luka dengan air bersih.

Pastikan anda terlindung dari infeksi dengan imunisasi tetanus 5 dosis untuk seumur hidup. Umumnya ketika kita bayi sudah mendapatkan imunisasi tetanus 3 dosis, 1 dosis ketika masuk sekolah, dan 1 dosis lagi ketika berumur 14 atau 15 tahun. Tetapi jika luka terlalu berat diperlukan penambahan antibiotik lainnya.

2. Bersihkan Luka dan Keringkan

Air bersih dan mengalir adalah pertolongan pertama dalam menangani luka terbuka, pastikan selalu membawa air botolan bersih dan kalau bisa bawa kotak p3k (pertolongan pertama pada kecelakaan) yang didalamnya biasanya ada cairan sterilisasi.

Luka yang penuh kotoran dan pasir dapat dibersihkan dengan mengunakan sikat lembut beryodium untuk menangani luka karena kecelakaan bersepeda, karna luka seperti ini akan meninggalkan bekas seperti layaknya tato di badan. Dan jika terindikasi adanya kerusakan jaringan akan mengakibat pembekakan segera kompres dingin.

3. Obati Luka Dengan Antiseptik

Luka yang sudah dibersihkan dan dikeringkan segerakan oleskan antiseptik dan perban.

Pastikan untuk mengganti perban setiap hari dan cek keadaan luka, apakah ada tanda tanda infeksi seperti; warna merah yg menyala pada luka, panas dan bengkak di sekitar luka, adakah garis merah – kuning – hijau disekitar luka, dan bahkan terasa semakin nyeri.

4. Mandi Tiap hari

Jika luka sudah jauh membaik dan tidak terjadi infeksi dan iritasi maka mandilah tiap hari.

Bilamana terdapat banyak luka untuk memastikan tetap bersih dari berbagai kotoran mandilah dengan Sodium (Natrium) Bikarbonat; senyawa yang bertindak sebagai penyangga keasaman dalam tubuh manusia untuk meningkatkan kinerja fisik, baik untuk olahragawan. Dan gunakan pakaian bersih ketika hendak tidur agar luka terjaga bersih.

5. Balut Rapat

Ketika hendak bersepeda lagi saat luka masih belom sembuh benar, balutlah luka yang sudah diperban dengan mengunakan tubinette cover – perban yang berbentuk stoking untuk menangani luka karena kecelakaan bersepeda, tujuannya agar perban yang menutupi luka tetap aman ditempatnya.

Ads :

Ayo bersepeda dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat