Praktisnya Bersepeda, Lalu Lintas Kepadatannya Berkurang, Praktis Sih Bisa Selap-Selip
January 21, 2018
Sepeda MTB Mahal dan Akan Semakin Mahal Tergantung Spesifikasinya
January 22, 2018
Show all

Cara Agar Sepeda MTB Awet. Terapkan Cara Ini !!!

Sebuah sepeda apabila dipakai terus menerus akan kehilangan performanya. Jika anda sangat menyayangi sepeda anda, khususnya agar Sepeda MTB awet, maka harus diberi perawatan menyeluruh. Tak sekedar perawatan, tapi sebentuk perhatian karena dengan mahalnya harga sebuah sepeda mtb, memiliki sepeda merupakan sebuah aset. Lantas bagaimana jika aset yang berharga ini rusak atau aus part nya? Tentu harga jual dari sepeda milik anda bisa turun drastis. Untuk itu memberi perawatan adalah keharusan agar sepeda mtb anda bisa bertahan lama sekali.

Membersihkan Sepeda 

Membersihkan sepeda gunung secara rutin, terutama setiap kali habis digunakan bisa menjadi kunci keawetan sepeda mtb kita. Untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan shampo khusus untuk sepeda motor. Cuci sepeda MTB dengan menggunakan spons, handuk, dan sikat gigi bekas untuk membersihkan seluruh bagian sepeda, mulai dari frame, rantai, cincin rantai, pedal, rem, hingga jok sepeda.

Sebaiknya hindari menyemprotkan air secara langsung dan dalam jumlah yang banyak ke seluruh body sepeda. Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan karat di bagian dalamnya dan agar Sepeda MTB Awet cukup semprotan kecil seperti air hujan saja sebenarnya juga sudah cukup untuk membersihkan sisa-sisa sabun. Jangan lupa untuk melepaskan jok sepeda saat membersihkannya dan tambahkan sedikit minyak pelumas sepeda sebelum memasangnya kembali.

Cek Rem

Rem merupakan bagian yang penting pada sepeda gunung. Dengan memeriksanya setiap saat bisa menghindari kita dari kecelakaan serius yang mungkin terjadi saat off-road yang disebabkan oleh rem yang aus. Periksalah bagian berbentuk persegi yang biasanya berbentuk metalik atau karet yang menempel di sisi kanan dan kiri disk ban sepeda. Bila terlihat sudah mulai aus karena tergerus atau pemakaian yang terlalu lama sebaiknya ganti.

Periksa ban dan rim (wheelset)

Wheelset SepedaRim ban sepeda berpengaruh pada kestabilan dan kehalusan sepeda saat dikendarai. Untuk mengetahui apakah rim roda dalam keadaan baik, angkatlah sepeda kita dan putar pedal. Pastikan kedua ban bergerak dengan halus tanpa ada goyangan yang tidak stabil.

Jangan lupa untuk memerikan tekanan ban 

Tekanan ban yang ideal adalah kira-kira 30-40 psi. Tekanan yang lebih rendah dari pada itu akan menyebabkan ban mudah bocor. Kemudian cek juga apakah ada retakan pada ban atau tidak. Agar ban terlihat seperti bar dan Sepeda MTB Awet, bisa juga kita menyemir ban sepeda MTB dengan semir ban khusus.

Ads :

Ayo jalan-jalan ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat