Berdzikir Sebagai Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah
January 16, 2018
Modif Sepeda Everbest dengan Cara Paling Mudah
January 18, 2018
Show all

Jadi Orang Kikir Itu Rugi Karena Menjauhkan Diri Dari Berkah

Coba deh tanya salah satu temen yang kamu anggap kikir, tentang alasan di mana dia bisa begitu kikir. Mungkin ada alasan-alasan yang tidak kita mengerti yang mendasari perilakuknya yang penuh kekikiran itu. Orang kikir tidak disukai siapapun karena hanya memikirkan diri sendiri, orientasinya adalah keuntungan bagi diri sendiri. Karena itu sifat kikir menjauhkan diri dari berkah Allah SWT. Sukakah anda menjadi orang kikir? Tentu banyak yang menjawab tidak dan memang demikian harusnya. Sifat kikir sendiri akan membuat anda terkena hukuman keras seperti yang dijelaskan berikut ini.

Orang-orang yang kikir (bakhil) adalah mereka yang tidak mau membersihkan diri dan harta mereka dengan sedekah. Orang seperti ini tidak ada manfaatnya bagi masyarakat. Dia jauh dari Allah, dari masyarakat, bahkan dari dirinya sendiri. Di samping dibenci oleh Allah dan masyarakat, orang yang kikir juga bersifat kerdil, rendah dan curang.

Di dalam al-Quran terdapat kisah tentang penduduk negeri yang hampir seluruhnya bersifat kikir, senang hidup menyendiri dan berlaku curang sehingga sifatnya itu menjauhkan diri dari berkah Allah SWT.

Ketika Nabi Musa AS dan seorang yang shaleh (Khidir) berjalan dan tiba di suatu negeri, mereka merasa lapar dan minta dijamu, tidak ada seorang pun dari penduduk negeri itu yang mau menjamu. Mereka terus berjalan dan melihat ada dinding sebuah rumah yang hampir roboh. Khidir menegakkan dinding itu. Musa berkata, “Jika mau, engkau dapat meminta upahnya.” Tetapi Khidir tahu benar bahwa penduduk negeri itu tidak mungkin akan memberinya upah.

Khidir berkata, “Dinding rumah itu adalah milik dua orang anak yatim di kota itu dan di bawahnya terdapat harta benda simpanan untuk mereka, sedangkan ayahnya adalah seorang yang shaleh.”

“Maka Rabb menghendaki agar mereka sampai kepada kedewasaannya dan mengelurkan simpanannya itu sebagai rahmat dari Rabbmu,” (QS. Al-Kahfi: 82).

Suatu ketika pernah seorang kikir menyerahkan seluruh hartanya kepada orang lain, padahal sebelumnya tidak pernah digunakan (sedikit) untuk kebutuhan dirinya. Karena sifat yang terlalu kikir, dia sampai mengharamkan harta itu untuk dirinya. Dia tidak dapat memanfaatkan harta yang dikumpulkannya dengan derita dan susah payah untuk kepentingan dunia dan akhiratnya dan itu menjauhkan diri dari berkah. Itu hukuman bagi orang-orang kikir.

Ads :

Ayo umrah dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat