Sepedaan Jakarta di Kota Tua Jakarta
January 14, 2018
Jadi Pejuang Subuh, Lakukan Juga Amalan ini Setelah Shalat Subuh
January 15, 2018
Show all

Jasa Ibu Tak Tergantikan So Sayangilah Ibumu

Kasih ibu sepanjang zaman sedangkan kasih ayah sepanjang jala, ini adalah kata-kata yang sering kita dengar. Memang betul kasih sayang ibu tidak akan tergantikan meski kita berusaha menggantinya dengan apapun yang kita miliki. So Jasa ibu tak tergantikan, sedari kita kecil ibu sudah mengurus kita, membesarkan kita dan mengantar kita ke sekolah. Ibu adalah sosok yang besar jasanya untuk kita, tanpa ibu kita akan menghadapi banyak kesulitan di masa kecil. Ibu tidak menginginkan hal berlebihan dari kita. Mereka hanya ingin agar kita menjadi anak yang baik, selalu mendoakan mereka, dan menjaga nama baik mereka.

Sejarah mencatat, banyak orang hebat yang lahir dari seorang ibu yang juga hebat. Kita tidak akan dapat menjadi hebat seperti sekarang tanpa sentuhan darinya. Maka, tak berlebihan jika ada ungkapan, Al-Jannatu tahta aqdami al-ummahat”, surga berada di bawah telapak kaki ibu dan memang Jasa ibu tak tergantikan.

Karena itu, ketika seorang laki-laki berhijrah dari Yaman kepada Nabi SAW dan ingin berjihad. Kemudian, Nabi SAW bertanya, “Apakah di Yaman masih ada kedua orang tuamu?”

Nabi SAW bersabda, “Kembalilah kepada kedua orang tuamu dan mintalah izin darinya. Jika keduanya memberi izin maka engkau boleh berjihad dan jika keduanya tidak mengizinkan maka berbuat baiklah kepadanya, karena hal itu merupakan sesuatu yang paling baik yang engkau bawa untuk bertemu dengan Allah setelah tauhid.” (HR Ahmad dan Ibnu Hibban).

Lalu, datang laki-laki lain kepada Nabi SAW meminta baiat untuk berangkat hijrah. Ia berkata, “Aku datang kepadamu, sehingga membuat kedua orang tuaku menangis.”

Kemudian Nabi SAW bersabda, “Kembalilah kepada keduanya dan buatlah keduanya tertawa, sebagaimana engkau telah membuat keduanya menangis.” (HR Abu Dawud, Nasa’i, dan al-Hakim).

Jasa ibu tak tergantikan oleh siapa pun. Dialah yang mencetak generasi unggul. Maka, tidaklah berlebihan jika seorang penyair mengungkapkan, Al-Ummu madrasatun, in a’dadtahaa a’dadta sya’ban thayyiba al-a’raaqi. Ibu itu ibarat sebuah sekolah, apabila kamu persiapkan dengan baik, berarti kamu telah mempersiapkan suatu bangsa dengan dasar yang baik.

Ads :

Ayo umrah dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Gondangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat